Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Piala Presiden 2024, Suporter Tim Tamu Dilarang Datang, Efek Kanjuruhan, Pengamanan Standar FIFA

Turnamen Piala Presiden 2024 akan mulai bergulir pada Jumat (19/7). Pihak kepolisian sudah memberikan izin kepada PSSI untuk turnamen pramusim.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Piala Presiden 2024, Suporter Tim Tamu Dilarang Datang, Efek Kanjuruhan, Pengamanan Standar FIFA
Tribunnews/Abdul Majid
Ketum PSSI Erick Thohir, Ketua Steering Committee Piala Presiden Maruar Siarait, Ferry Paulus dan jajaran panitia Piala Presiden foto bersama usai konferensi pers Piala Presiden 2024 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (15/7/2024). 

Piala Presiden 2024, Suporter Tim Tamu Dilarang Datang, Efek Kanjuruhan, Pengamanan Standar FIFA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Turnamen Piala Presiden 2024 akan mulai bergulir pada Jumat (19/7) mendatang. Pihak kepolisian sudah memberikan izin kepada PSSI untuk turnamen pramusim ini.

Ada delapan klub Liga 1 yang direncanakan akan ikut turnamen ini, yakni Persib Bandung, Borneo FC, PSM Makassar, Persis Solo, Madura United, Bali United, Persija Jakarta dan Arema FC. Delapan tim itu dibagi menjadi dua grup, yakni grup A dan grup B.




Pertandingan grup A akan dilakukan di Stadion si Jalak Harupat. Sementara laga grup B diadakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Adapun laga semifinal hingga final akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Meski begitu, kebijakan PSSI terkait kehadiran penonton menjelang musim baru ini tetap sama. PSSI masih melarang suporter tim tamu datang ke stadion selama pergelaran Piala Presiden 2024. Hanya penonton tim tuan rumah yang bisa hadir langsung di stadion.

Artinya, pada fase grup hanya suporter Persib Bandung dan Bali United yang bisa menyaksikan langsung tim mereka bertanding. Begitu juga pada laga semifinal dan final, hanya suporter tuan rumah yang boleh datang.

"Untuk Piala Presiden sama, policy-nya [kebijakan] yang seperti kesepakatan oleh FIFA bersama PSSI dan pemerintah bahwa tahun ini tahun terakhir penonton harus ada yang namanya sistem hanya home atau penonton yang di kandang sampai database suporter dan tiketing online ini berjalan di semua klub dan liga," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam konferensi pers Piala Presiden 2024 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (15/7).

BERITA TERKAIT

Keputusan hanya memperbolehkan suporter tim tuan rumah untuk datang ke stadion merupakan efek dari Tragedi Stadion Kanjuruhan yang terjadi Oktober 2022. Usai tragedi yang menewaskan 159 orang itu, Indonesia masih dalam pengawasan FIFA. Jika kembali terjadi kerusuhan, bukan tidak mungkin Indonesia mendapatkan sanksi FIFA.

”Kadang kita suka lupa kalau kita ingat kerjasama FIFA dan pemerintah Republik Indonesia yang waktu itu meminta sepak bola Indonesia bertransformasi di bawah PSSI, itu ada catatan dari FIFA. Kenapa FIFA buat kantor di sini itu bagian dari pengawasan,” kata Erick Thohir.

Dengan alasan tersebut, Erick Thohir meminta kepada para suporter tim tamu untuk tidak hadir. Ia ingin sepakbola Indonesia yang masih dalam pengawasan FIFA bisa berlangsung tanpa adanya tindakan yang kembali menimbulkan korban jiwa. Erick juga meminta pihak penyelenggara, yakni PT Liga Indonesia Baru untuk benar-benar bertanggung jawab dalam pelaksanaan turnamen ini. PSSI dengan pihak kepolisian akan memantau agar turnamen ini berjalan baik.

”Jadi saya mohon pengertian suporter supaya jangan sampai kita dianggap transformasi topeng oleh FIFA. Pembangunan sepak bola ini lahir karena peristiwa kanjuruhan yang dipimpin langsung oleh presiden, dijamin presiden. Jadi kita mohon pengertian supaya industri olahraga ini bisa menciptakan keamanan buat penontonnya. penonton pulang dengan selamat,” ujarnya.

Terpisah, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya sudah memberikan izin untuk kompetisi pramusim tersebut.

"Hari ini kita melaksanakan rapat untuk mempersiapkan bagian dari event yang sudah dipersiapkan pramusim yaitu Piala Presiden, dan tentunya kami Polri akan ikut mengawal proses penyelenggaraannya, izin sudah kita keluarkan," kata Sigit kepada wartawan, Senin (15/7).

Sigit menyebut pengamanan tersebut nantinya akan berstandar FIFA seperti pengamanan kegiatan-kegiatan yang sebelumnya dilakukan. Sigit mengatakan model pengamanan yang akan dilakukan nantinya pihak kepolisian berada di bagian luar stadion. Namun jika memang diperlukan, pihak kepolisian bisa melakukan pengamanan di dalam stadion.

"Jadi polisi tetap ada, namun yang di dalam tetap diatur bahwa yang ada di sekeliling di dalam stadion adalah steward, tentunya tetap ada kepolisian. Kepolisian akan masuk manakala kemudian ada permintaan untuk masuk. Jadi memang itu standarnya," jelasnya.

Turnamen Piala Presiden 2024 ini rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Insyaallah pembukaan nanti tanggal 19 (Juli) di Jawa Barat, di Bandung. Bapak presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini juga memperbaiki animo masyarakat yang sekarang menunggu ada perbaikan di liga," kata Erick di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/7).

(Tribun network/jid/abd/dod)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas