Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ketua BTN Sumardji Sebut Indonesia Akan Turunkan Pemain U-23 di Piala AFF 2024

Timnas Indonesia senior bersiap menjalani putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Ketua BTN Sumardji Sebut Indonesia Akan Turunkan Pemain U-23 di Piala AFF 2024
Tribunnews/Abdul Majid
Ketua BTN, Sumardji saat diwawancarai seusai acara malam apresiasi Timnas Indonesia U-19 di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (31/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia senior bersiap menjalani putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam ajang ini, skuad Garuda berada di Grup C bersama dengan Jepang, Arab Saudi, Australia, China dan Bahrain.

Di tahun ini, Indonesia bakal menjalani enam pertandingan.

Arab Saudi vs Indonesia (5 September), Indonesia vs Australia (10 September), Bahrain vs Indonesia (10 Oktober), China vs Indonesia (15 Oktober), Indonesia vs Jepang (14 November), Indonesia vs Arab Saudi (19 November).

Kemudian jadwal di tahun 2025 yakni, Australia vs Indonesia (20 Maret), Indonesia vs Bahrain (25 Maret), Indonesia vs China (5 Juni) dan Jepang vs Indonesia (10 Juni 2025).

Padatnya jadwal tersebut membuat PSSI memutuskan untuk membagi tim, pasalnya pada periode November mendatang juga ada Piala AFF.

BERITA TERKAIT

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji mengatakan bahwa PSSI telah memutuskan untuk menurunkan skuad SEA Games 2025 atau Timnas U-23 pada Piala AFF nanti.

Sementara untuk para pemain senior tetap fokus pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Kalau Timnas senior ini kan sudah disepakati dan kemarin sesuai dengan arahan Pak Ketua Umum (Erick Thohir) saat rapat itu beliau menyampaikan dan sudah disepakati dengan coach Shin Tae-yong bahwa yang akan dipakai untuk AFF adalah tim yang bermain di SEA Games (U-23),” kata Sumardji di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Untuk pelatih yang menangani, Sumardji mengatakan tetap ditukangi Shin Tae-yong.

Materi pemain yang tampil pun masih belum dipastikan karena harus mendapatkan izin dari klub, pasalnya Piala AFF bukan masuk dalam agenda FIFA Matchday.

“Pelatihnya tetap Shin Tae-yong, yang senior fokus ke Kualifikasi. Kalau AFF itu kan tergantung di klubnya mengizinkan (pemainnya) atau tidak,” pungkasnya.

Pada Piala AFF 2024 nanti, tim besutan Shin Tae-yong berada di Grup B bersama dengan Filipina, Laos, Myanmar dan Vietnam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas