Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Wanti-wanti Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Hapus Kata Takut, Pantang Kalah Sebelum Tanding

Shin Tae-yong menekankan pentingnya mental yang baik dan pantang kalah sebelum bertanding, sekalipun yang dihadapi tim yang jauh lebih besar dan kuat.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Wanti-wanti Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Hapus Kata Takut, Pantang Kalah Sebelum Tanding
dok: PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menekankan pentingnya mental yang baik dan pantang kalah sebelum bertanding, sekalipun yang dihadapi tim yang jauh lebih besar dan kuat. 

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menekankan pentingnya mental yang baik dan pantang kalah sebelum bertanding, sekalipun yang dihadapi tim yang jauh lebih besar dan kuat.

Shin Tae-yong berbicara kepada FIFA jelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga zona Asia.

Indonesia tergabung di grup C bersama tim kuat yang rankingnya lebih tinggi seperti Jepang (18), Australia (24), Arab Saudi (56), Bahrain (80) dan China (87). Sedangkan Indonesia sendiri di urutan 133.




Dua pertandingan pertama yang akan dijalani Indonesia adalah laga tandang Arab Saudi (5/9) dan menjamu Australia (10/9).

Meski begitu, Shin Tae-yong menghapus kata takut di dalam kamusnya. Ia ingin skuadnya pun juga demikian, tidak merasa kalah sebelum bertanding.

Dalam wawancara eksklusif itu, Shin Tae-yong mengingatkan kepada pemainnya untuk menekankan kolektivitas tim dalam setiap pertandingan.

"Saya menekankan kepada para pemain untuk tetap bermain dengan percaya diri dan berani, serta tidak membuang waktu untuk menyesali pertandingan [jika kalah]."

"Saya juga meminta para pemain untuk fokus meraih kemenangan bersama tim daripada menonjol secara individu. Itu adalah sesuatu yang selalu saya tekankan sebelum kami bermain," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi FIFA.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat ditemui di Lapangan A Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sore WIB.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat ditemui di Lapangan A Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sore WIB. (Tribunnews/Alfarizy)

Baca juga: Mental Abroad Asnawi Mangkualam yang Untungkan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Full Senyum

BERITA TERKAIT

Dalam dunia sepakbola, segalanya bisa saja terjadi. Pelatih asal Korea Selatan itu pernah memberi kejutan saat melatih Taeguk Warriors (julukan Korsel), dengan mengalahkan juara bertahan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018.

Berkaca pada hasil itu, bukan tidak mungkin kejutan yang sama bakal diciptakan Indonesia bersama Shin Tae-yong di kualfikasi Piala Dunia 2026 ini.

"Kerja keras saja tidak akan cukup untuk bersaing di level tertinggi melawan tim-tim papan atas. Selain itu, semangat, visi, dan kondisi fisik kami harus mencerminkan kekompakan tim."

"Intinya, dengan bekerja keras, kami bisa menang, bahkan melawan tim yang lebih kuat."

"Pemain Indonesia harus mempelajari dan memahami kelebihan dan kelemahan lawannya. Dan, mereka harus benar-benar memahami apa yang kami, staf pelatih, minta dari mereka. Mereka perlu berpikir secara strategis dan memanfaatkan pengetahuan mereka dengan baik." kata pelatih berusia 53 tahun itu.

Di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 ini, Shin Tae-yong menargetkan timnya bisa finis di posisi ketiga atau keempat.

Perlu diketahui, dua tim teratas di setiap grup di babak ini akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Adapun tim peringkat ketiga dan keempat melanjutkan ke babak keempat.

"Lebih realistis bagi kami untuk bekerja keras dan meraih posisi ketiga atau keempat, dan melaju ke babak play-off. Dari sana, mungkin kami bisa memperjuangkan tiket ke Piala Dunia," kata dia.

"Tujuan jangka panjang saya sendiri adalah membawa Indonesia masuk 100 besar ranking FIFA. Tapi pertama-tama, saya berupaya agar Indonesia bisa lolos ke babak play-off sehingga kami bisa terus bersaing memperebutkan tempat di Piala Dunia," jelas Shin Tae-yong.

(Tribunnews.com/Tio)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas