Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Adham Makhadmeh Jadi Wasit Arab Saudi vs Timnas Indonesia, Pernah Tugas di 4 Laga Liga 1 Musim Ini

Duel Arab Saudi vs Timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dipimpin oleh wasit Adham Mohammad Tumah Makhadmeh.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Adham Makhadmeh Jadi Wasit Arab Saudi vs Timnas Indonesia, Pernah Tugas di 4 Laga Liga 1 Musim Ini
AFP
Wasit Adham Mohammad Makhadmeh saat memimpin laga pertandingan perempat final Liga Champions AFC antara Yokohama F Marinos dari Jepang dan Shandong Taishan dari Tiongkok di Jinan, di provinsi Shandong timur Tiongkok pada 6 Maret 2024. (Foto oleh AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Duel Arab Saudi vs Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dipimpin oleh wasit Adham Mohammad Tumah Makhadmeh.

Duel Arab Saudi vs Timnas Indonesia akan dimainkan di Stadion King Abdullah Sport City pada Jumat (6/9/2024) pukul 01.00 WIB dinihari.

Nama Adham Mohammad Tumah mendadak jadi pembicaraan jelang laga ini. Sosoknya akan menjadi pengadil lapangan yang akan memimpin laga pertama Timnas Indonesia di grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 puataran ketiga zona Asia ini.




Publik tanah air sebelumnya masih belum mengetahui siapa wasit yang akan memimpin pertandingan antara Timnas Indonesia vs Arab Saudi ini.

Namun kini telah dipastikan sosok tersebut adalah Adham Mohammad Tumah. Laman livescore mencatat wasit asal Yordania itu akan menjadi juru pengadil lapangan.

Yang cukup mengejutkan, wasit Adham Mohammad Tumah ini sosoknya tidaklah asing dengan sepakbola Indonesia.

Ia merupakan wasit asing yang ditugaskan oleh Departemen Perwasitan PSSI pada tiga pekan pertama di BRI Liga 1 musim ini.

Wasit Arab Saudi vs Timnas Indonesia
Duel Arab Saudi vs Timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dipimpin oleh wasit Adham Mohammad Tumah Makhadmeh.

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia vs Arab Saudi Bisa Buat Armada Shin Tae-yong Naik 4 Tingkat di Ranking FIFA

BERITA TERKAIT

Wasit berkepala plontos itu telah memimpin empat laga di Liga 1, yakni duel Persib Bandung vs Arema, PSS Sleman vs Persik Kediri, Barito Putera melawan Madura United dan Semen Padang vs Borneo FC.

Kepemimpinannya dinilai sangat tegas dan tak pandang bulu dalam memimpin pertandingan. Secara statistik di empat laga tersebut, wasit Adham telah mengeluarkan sebanyak 22 kartu kuning.

Menurut catatan Transfermarkt, sebelum bertugas di Liga 1, wasit kelahiran 13 Februari 1987 ini telah memimpin sejumlah laga penting, termasuk di Liga Champions Asia 2014.

Laga Liga Champions Asia yang dipimpinnya antara Al-Ain dari Uni Emirat Arab bertemu Al-Hilal dari Arab Saudi, Shandong Taishan vs Yokohama F Marinos, serta Nasaf vs Al-Ain.

Wasit yang memulai karir kepelatihan berlisensi FIFA sejak 2013 ini juga memimpin pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona Asia antara Kyrgystan vs Malaysia, Thailand vs Korea Selatan, India vs Uzbekistan, serta Thailand vs Kyrgystan.

Tentu dengan mengetahui gaya kepemimpinannya, para pemain Timnas Indonesia bisa membaca situasi sehingga tak menjadi kerugian bagi tim ketika melakukan pelanggaran.

Timnas Indonesia sendiri di beberapa laga terakhir, seperti di Piala Asia di level senior hingga U-23, beberapa kali 'dikerjai wasit'.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas