Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Pemanasan Mees Hilgers Lawan Man United dan Fenerbache sebelum Gabung Timnas Indonesia

Jadwal Mees Hilgers bersama FC Twente sebelum bergabung dengan Indonesia, pemain 23 tahun itu akan menjalani proses pindah kewarganegaraan lebih dulu.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Pemanasan Mees Hilgers Lawan Man United dan Fenerbache sebelum Gabung Timnas Indonesia
Instagram @meeshilgerss
Mees Hilgers yang kepergok ikuti Instagram PSSI, kode jadi pemain Grade A incaran Erick Thohir dan Shin Tae-yong. Jadwal Mees Hilgers bersama FC Twente sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia, pemain 23 tahun itu akan menjalani proses pindah kewarganegaraan dan federasi sepak bola lebih dulu. 

TRIBUNNEWS.COM - Menilik jadwal Mees Hilgers bersama klubnya, FC Twente di Eredivisie, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu bakal menjalani pertandingan Liga Eropa melawan Manchester United dan Fenerbache.

Mees Hilgers sudah berada di Jakarta, ia juga sudah bergabung dengan skuad Garuda untuk menjalani sesi latihan.

Namun, pemain berusia 23 tahun itu belum bisa menjadi bagian skuad Garuda untuk melakoni laga melawan Australia dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 3 karena masalah administratif pindah warga negara dan federasi sepak bola.




Proses naturalisasi Mees Hilgers untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan jadi bagian dari Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) masih membutuhkan waktu.

Mees Hilgers yang kepergok ikuti Instagram PSSI, kode jadi pemain Grade A incaran Erick Thohir dan Shin Tae-yong?
Mees Hilgers yang kepergok ikuti Instagram PSSI, kode jadi pemain Grade A incaran Erick Thohir dan Shin Tae-yong? (Instagram @meeshilgerss)

Proses Naturalisasi Mees Hilgers

Jika mengacu pada laman Kemlu.go.id soal pewarganegaraan (naturalisasi) setidaknya membutuhkan waktu hingga 2 bulan.

Ada banyak proses yang harus dilewati oleh Mees Hilgers untuk mendapatkan KTP Indonesia.

Mulai dari permohonan naturalisasi dari PSSI ke Kemenpora.

BERITA TERKAIT

Jika disetujui Kemenpora, berkas pemain akan diajukan ke Kemenkumham. Dari sana akan dibawa ke Sekretariat Negara (Setneg).

Baca juga: Jadwal Debut Mees Hilgers & Eliano Reijnders di Timnas Indonesia: Paling Cepat Laga Lawan Bahrain

Di Setneg dokumen naturalisasi harus ditandatangani presiden lantas diberikan Badan Intelijen Negara (BIN). Jika aman dokumen itu dikembalikan ke Kemenkumham untuk diajukan ke DPR.

Proses di DPR ada tiga tahapan. Pertama sidang bersama rapat Komisi III, lantas Komisi X. Setelah itu persetujuan naturalisasi ini harus diketok dalam rapat paripurna DPR RI.

Dari situ dokumen akan diserahkan ke Setneg untuk kemudian diberikan ke Kemenkum HAM. Bila sudah, tinggal pengambilan sumpah menjadi WNI di perwakilan kantor Kemenkum HAM.

Ini belum selesai. Untuk bisa membela Timnas Indonesia di ajang resmi, PSSI harus mengajukan perpindahan federasi ke FIFA.

Jadwal Pertandingan Mees Hilgers

Proses naturalisasi Mees Hilgers tergantung langkah PSSI dan pihak terkait, bisa lebih cepat dan bisa lebih lambat.

Jika dalam waktu satu bulan ke depan proses tersebut bisa selesai, tidak menutup kemungkinan bagi Mees Hilgers membela Timnas Indonesia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2024 Round 3 melawan China dan Bahrain.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas