Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Belva Devara Mundur

Belva Devara Membantah: Tidak Benar Mayoritas Saham Ruangguru Dimiliki Investor Singapura

Namun Belva Devara mengakui dirinya sebagai pemilik Ruangguru Pte Ltd yang berkedudukan di Singapura.

Belva Devara Membantah: Tidak Benar Mayoritas Saham Ruangguru Dimiliki Investor Singapura
Instagram @belvadevara
Belva Devara 

Laporan Reporter Kontan, Asnil Bambani Amri dan Barly Haliem

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Founder sekaligus CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara, angkat suara. Dia menjelaskan polemik seputar Ruangguru dan keterlibatannya di program Kartu Prakerja, termasuk status pemodal perusahaan tersebut.

Belva membantah bahwa mayoritas saham Ruangguru dimiliki oleh investor Singapura. "Tidak benar mayoritas saham dimiliki investor Singapura,” ungkap Belva seperti dikutip dari akun Instagramnya, Rabu (22/4/2020).

Namun dia mengakui sebagai pemilik Ruangguru Pte Ltd di Singapura. “Ya, Ruangguru Pte Ltd punya saya juga. Kami juga punya pegawai di Singapura," ungkap Belva.

Selain di Singapura, Belva mengaku memiliki ratusan pegawai di Vietnam dan juga di Thailand. “Semuanya punya saya, anak muda kebangsaan Indonesia," kata Belva.

Nah, berdasarkan data profil perusahaan dari Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM yang diterima www.kontan.co.id, badan hukum Ruangguru bernama PT Ruang Raya Indonesia.

Mengacu pada surat pengesahan anggaran dasar pada 17 Maret 2020, Ruang Raya Indonesia tercatat sebagai perusahaan penanaman modal asing (PMA).

Ruang Raya Indonesia memiliki modal dasar Rp 2 triliun. Nilai tersebut terbagi atas 20 juta unit saham dengan harga Rp 100.000 per saham.

Jumlah modal disetor dan ditempatkan penuh senilai Rp 649.440.900.000 yang terbagi dalam 6.494.409 unit saham.

Masih berdasarkan data yang sama, Ruangguru dimiliki oleh dua pemegang saham. Tidak ada nama Belva dalam jajaran pemilik saham Ruang Raya Indonesia.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas