Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Aplikasi Ini Bantu Temukan Praktik Plagiarisme Secara Instan, Digunakan Banyak PTN-PTS di Indonesia

Perangat lunak Turnitin Originality bisa mendeteksi plagiarisme. Kami melakukan pengecekan dengan melakukan matching pada sistem yang dimilikinya.

Aplikasi Ini Bantu Temukan Praktik Plagiarisme Secara Instan, Digunakan Banyak PTN-PTS di Indonesia
https://wiki.aalto.fi/
Screenshot demo video pengecekan orisinalitas sebuah karya ilmiah menggunakan software Turnitin Originality. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Praktik plagiarisme atau penjiplakan kerap kita temukan di mana-mana, antara lain di dunia akademik. Misalnya pagiarisme oleh mahasiswa dalam mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir sebelum wisuda maupun penjiplakan karya ilmiah orang lain untuk mendapatkan gelar akademi tertentu.

Praktik plagiarisme yang kerap ditemukan adalah dengan cara meng-copy paste karya ilmiah orang lain pada karya ciptaannya, menggunakan ulang karya ilmiah orang lain.

Head of Business Partnerships Southeast Asia for Turnitin, Jack Brazel, mengatakan, praktik plagiarisme karya ilmiah merupakan hal jamak ditemukan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Dia menyebutkan, termasuk dalam krteria plagiarisme jika seseorang menggunakan ulang sebagian kata atau kalimat karya orang lain tanpa mencantumkan sumber aslinya.

Termasuk praktik plagiarisme pula jika seseorang menggunakan perangkat lunak atau software untuk modifikasi tulisan karya orang lain melalui metode terjemahan, atau menggunakan joki untuk mengerjakan karya ilmiah orang lain.

Baca: Google Sematkan Fitur Baru Nearby Share di Ponsel Android, Sudah Nongol di Ponsel Samsung

Praktik plagiarisme ini tentu saja menjadi musuh bersama dunia akademik karena dunia akademi harus menjunjung tinggi integritas.

Mengantisipasi praktik plagiarisme semacam ini, Turnitin, perusahaan global yang bergerak di dunia pendidikan dan penelitian, memperkenalkan tools terbaru yang diberi nama Turnitin Originality.

Baca: Google Tutup Aplikasi MP3 Player Mulai Oktober 2020

Teknologi perangkat lunak Turnitin Originality menggabungkan fungsi pengecekan kesamaan teks Turnitin yang sudah dikenal dengan fitur-fitur baru yang membantu para instruktur mengatasi tren seperti kecurangan kontrak dan mengajarkan siswa akan nilai keterampilan berpikir orisinal.

Baca: Bertekuk Lutut, Facebook dan Google Harus Bayar Konten Berita di Australia

"Turnitin Originality menggunakan teknologi paling komprehensif untuk membantu mencegah karya yang tidak orisinal serta mendukung siswa dalam mempelajari cara menghubungkan ide dan konsep dengan benar kepada orang lain," ungkap Jack Brazel, Head of Business Partnerships, Southeast Asia for Turnitin di acara diskusi online dengan media, Rabu, 5 Agustus 2020.

Jack menjelaskan, perangkat lunak ciptaan perusahaannya mampu melakukan tracking dengan cara meriksa apakah karya ilmiah yang sedang diajukan tersebut mirip dengan teks karya ilmiah lainnya dengan mengacu pada database yang dimiliki Turnitin Originality.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas