Tribun Techno

Netflix Ajak Sineas Kembangkan Kapasitas dalam Penggarapan Pascaproduksi Film Indonesia

Netflix mengundang sekitar 300 sineas lokal untuk mengikuti workshop virtual membahas proses pascaproduksi di Netflix.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
Netflix Ajak Sineas Kembangkan Kapasitas dalam Penggarapan Pascaproduksi Film Indonesia
TRIBUNNEWS/HARI DARMAWAN
Netflix 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Layanan video streaming Netflix saat ini agresif mengajak kreator film lokal memproduksi karya film dengan konten asli Indonesia untuk ditayangkan di platform-nya.

Mendukung upaya ini, Netflix mengundang sekitar 300 sineas lokal untuk mengikuti workshop virtual membahas proses pascaproduksi di Netflix.

Di program bebas biaya ini para insan kreatif film lokal belajar mengenai manajemen pascaproduksi, lokalisasi, proses penyuntingan gambar dan suara, serta manajemen aset di Netflix.

Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian Program Pengembangan Kapasitas Kreatif insan perfilman Indonesia kerja sama Netflix dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan senilai 1 juta dolar Amerika Serikat, atau lebih dari Rp14 miliar yang diumumkan pada Januari 2020.

Baca: Rekomendasi Tayangan Terbaru Netflix Indonesia di Bulan September 2020, Ave Maryam hingga #Alive

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengatakan, pihaknya senang bisa bermitra dengan Netflix yang telah membagi praktik terbaik tentang proses pascaproduksi di Netflix untuk meningkatkan kapasitas komunitas kreatif lokal.

"Indonesia memiliki potensi besar dalam menghasilkan cerita-cerita luar biasa untuk dinikmati penonton global, dan kami berharap dapat menghasilkan konten-konten berkualitas yang diproduksi dengan standar kelas dunia sehingga dapat mempromosikan budaya Indonesia," ujarnya.

Baca: Netflix akan Hadirkan Film Thriller Korea Terbaru Berjudul #Alive, Wabah Misterius Menyebar di Seoul

Netflix memanfaatkan teknologi untuk mendukung penceritaan yang luar biasa dan tetap melindungi visi kreatif para kreator, serta mempertahankan kualitas gambar dan suara berkualitas tinggi saat kamera mulai merekam, hingga saat pelanggan Netflix menonton hasil akhir yang terlihat dan terdengar persis seperti yang diharapkan, saat mereka menontonnya di perangkat apa pun.

Gavin Barclay, Director Post Production, APAC, Netflix, menyatakan yakin ke depan akan ada lebih banyak lagi cerita hebat yang dapat ditemukan di Indonesia.

"Kami ingin memainkan peran kami dengan cara membagikan praktik-praktik pascaproduksi terbaik kepada komunitas kreatif lokal sehingga mereka dapat membuat cerita Indonesia yang terbaik di kelasnya," ungkap Gavin dalam keterangan persnya, Sabtu (29/8/2020).

Halaman
12
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas