Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tempati Ranking 121, Koneksi Internet di Indonesia Semakin Cepat Selama Tahun 2020

Telkomsel tercatat menempati koneksi internet tercepat pada Q3-Q4 2020 dan skor kecepatannya 22,22 pada chipset modern.

Tempati Ranking 121, Koneksi Internet di Indonesia Semakin Cepat Selama Tahun 2020
IST
Ilustrasi koneksi internet 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebutuhan internet terlebih di masa pandemi menjadikan hal ini sebagai salah satu kebutuhan pokok yang penting.

Selain semakin mudahnya akses internet di berbagai daerah di Indonesia, konsumsi digital sejak pandemi semakin meningkat baik untuk kebutuhan belajar dan bekerja.

Baru-baru ini, situs pengujian kecepatan koneksi internet milik Ookla, Speedtest.net, merilis rata-rata kecepatan internet di Indonesia dan performa provider internet.

Speedtest mencatat, pada 2020 koneksi internet di Indonesia meningkat dibandingkan dengan tahun 2019. Hal itu terlihat dari kecepatan unduh dan unggah yang meningkat masing-masing 4 Mbps dan 1 Mbps, dilansir dari laman speedtest.net, Kamis (11/2/2021).

Baca juga: Aksi Protes Meluas, Sebagian Akses Internet di Myanmar Telah Dipulihkan

Laporan speedtest mencatat bahwa rata-rata kecepatan unduh dan unggah layanan internet bergerak di Indonesia mencapai di angka 17,26 Mbps dan 11,44 Mbps pada tahun 2020.

Kecepatan ini meningkat bila dibandingkan di tahun 2019 yang tercatat berada di kecepatan unduh 13,83 Mbps dan unggah di angka 10,42 Mbps.

Namun, kecepatan koneksi itu tak diikuti dengan kecepatan pada latensi internet di Indonesia. Untuk latensi mengalami penurunan dari 44 ms pada 2019, menjadi 37 ms pada 2020.

Penurunan latensi ini diakibatkan oleh dampak masyarakat Indonesia yang gemar bermain game online meski dalam kecepatan koneksi yang stagnan.

Baca juga: Aksi Protes Meluas, Sebagian Akses Internet di Myanmar Telah Dipulihkan

Dari sisi penyedia layanan internet atau provider, Speedtest menempatkan Telkomsel sebagai operator seluler yang memiliki koneksi internet tercepat di Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas