Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inilah Bentuk Pentol Bakso dan Daging Rusa Kutub, Sajian Spesial Midsummer Nordic

Meatball, daging rusa kutub, smørrebrød, ikan hering, dan ikan salmon menjadi sajian dalam Midsummer Nordic Party. Rasanya?

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Inilah Bentuk Pentol Bakso dan Daging Rusa Kutub, Sajian Spesial Midsummer Nordic
Kompas/ Sri Rejeki
Grilled herring, grilled cheese tomato, meatball (pentol bakso), dan grilled potato. 

TRIBUNNEWS.COM - Meatball (pentol bakso), daging rusa kutub, smørrebrød, ikan hering, dan ikan salmon menjadi sajian dalam Midsummer Nordic Party.

Menu-menu ini membawa kenangan rasa akan musim panas yang patut dirayakan. Musim yang menghilangkan kenangan sendu musim dingin.

Midsummer Nordic Party diselenggarakan oleh empat kedutaan besar negara-negara Nordic di Indonesia, yakni Norwegia, Finlandia, Swedia, dan Denmark.

Bertempat di kebun dan tepi kolam renang di Hotel Shangri-La, Jakarta, acara ini sebenarnya merupakan promosi potensi ekonomi keempat negara yang dihelat dalam suasana kasual.


Kuliner dan suasana Midsummer Nordic Party   (Kompas/ Sri Rejeki)

Sambil berbincang dan bersantap di bawah naungan langit pagi Jakarta yang cerah, suasananya seperti musim panas yang hangat.

Selain hidangan lengkap mulai dari pembuka hingga penutup yang disiapkan tim chef dari Hotel Shangri-La, setiap stan dari keempat negara juga menyajikan sajian ringan bagi pengunjung.

Misalnya, di stan Finlandia yang menyajikan roti lapis atau sandwich berupa roti gandum hitam (rye) dengan isian berupa cacahan daging rusa kutub (reindeer) asap.

BERITA TERKAIT

Sajian yang tidak punya nama khusus ini biasanya dihidangkan sebagai pembuka. Daging rusa kutub didatangkan langsung dari Finlandia dalam bentuk daging asap yang kemudian dicincang halus dan diberi lada, garam, serta keju krim.

Roti rye yang rasanya tawar dan sedikit liat ini dinilai lebih sehat dibandingkan roti yang terbuat dari tepung terigu. Roti ini dikonsumsi setiap hari dalam berbagai kesempatan oleh keluarga-keluarga di Finlandia.

Daging rusa kutub banyak ditemui di daerah utara Finlandia yang masuk wilayah Kutub Utara. Harganya terbilang mahal sehingga tidak masuk dalam menu harian.


Marrinated beetroot herring (Kompas/ Sri Rejeki)

Daging rusa kutub hanya disantap dalam kesempatan khusus, seperti Natal, pernikahan, Paskah, ulang tahun, dan hari libur nasional lainnya.

”Daging rusa kutub juga dianggap lebih sehat karena kandungan lemaknya yang rendah. Hewan ini hidup di hutan sehingga makanannya berupa tanaman-tanaman yang ditemui di dalam hutan. Kadang-kadang ada vegetarian yang makan daging ini,” kata Pirjo-Liisa Heikkilä, Sekretaris I Urusan Politik, Budaya, dan Diplomasi Publik Kedutaan Besar Finlandia di Jakarta.

Di stan Denmark, tersaji smørrebrød dengan tiga macam tutupan atau topping. Salah satunya, sendokan alpukat yang dicampur acar bawang merah dan lobak.

Tutupan lain berupa chicken salad yang dicampur dengan kismis, apel segar, dan irisan bawang merah yang terasa asam, manis, dan renyah ketika dikunyah.

Halaman
123
Sumber: KOMPAS
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas