Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Patung Dewi Kwan Im KTM Resort, Batam, Tertinggi di Indonesia, Tak Pernah Sepi Peziarah

Patung Dewi Kwan Im ini dicatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), 5 November 2008 sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Patung Dewi Kwan Im KTM Resort, Batam, Tertinggi di Indonesia, Tak Pernah Sepi Peziarah
Tribun Batam/Eliza Gusmeri
Patung memiliki tinggi 22,37 meter dan berat 112 ton. Pembuat patung ini adalah Tuan Toh Tiat Meng, warga negara Singapura. 

Laporan Tribun Batam, Elizagusmeri

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Patung Dewi Kwan Im berada dalam kawasan KTM Resort Tanjungpinggir, Sekupang, Batam.

KTM Resort adalah resort yang menghadap langsung ke Singapura. Dari sini kita dapat menyaksikan skyscraper-nya Singapura.

dewi kwan im
Patung Dewi Kwan Im ini dicatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), 5 November 2008 sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia. (Tribun Batam/Eliza Gusmeri)

Patung Dewi Kwan Im, adalah wujud penjelmaan Budha yang penuh belas kasih.

Dewi Kwan Im juga disebut sebagai Nam Hai Wan Se Im, yang dikenal sebagai Bodhi Satva Avalokitesvara, suatu tangan yang melambangkan cinta kasih dari tuhan menurut kepercayaan orang Buddha.

Patung Dewi Kwan Im sebagai tempat sembahyang umat Buddha. Biasanya dilaksanakan setiap bulan 2, 6 dan 9 penanggalan kalender Cina.

BERITA TERKAIT

Namun, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, patung ini juga memberi daya tarik wisatawan.

Pengunjung pada hari-hari tertentu di dominasi oleh turis mancanegara. Yang datang berasal dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Cina dan negara lainnya.

Terkadang pendatang ikutserta memberikan persembahan seperti buah apel, jeruk mandarin, kue dan air berkah yang diharapkan dapat berdampak pada kelancaran rezeki keluarga.

Ada juga yang senang melempar koin di kaki patuh Dwi Kwan Im. Menurut kepercayaan, agar rejeki mereka dilancarkan.

Asan seorang keturunan Tionghoa Batam tak jarang datang ke KTM Resort untuk bersantai sekaligus sembahyang.

"Saya suka datang ke resort ini bersama teman-teman, tapi juga sekaligus sembahyang. Saya melihat ada yang melempar koin, biasanya untuk mempermudah rezeki, tapi saya belum mencoba," kata dia.

Patung Dewi Kwan Im ini dicatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), 5 November 2008 sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia.

Patung dengan tinggi 22,37 meter dan berat 112 ton.

Pendiri patung ini adalah Tuan Toh Tiat Meng, warga negara asal Singapura.

Dia berharap dengan pendirian patung setiap insan manusia dapat merasakan cinta kasih yang terpancar dari patung Dwi Kwan Im.

Patung yang terbuat dari rangka beton yang dicor dan pembuatannya menghabiskan waktu delapan bulan tersebut. Proyek Patung Dewi Kwan Im ini final dibangun sekitar pada Maret 2004.

Untuk berkunjung ke patung Dwi Kwan Im, tentunya Anda harus masuk ke KTM resort. Dari Bandara Hang Nadim kurang lebih 40 menit. Transportasi yang digunakan adalah taxi.

Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas