Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tradisi Unik, Mulai Mayat Diajak Jalan-jalan di Toraja Hingga Ritual Potong Jari di Papua

Inilah tradisi unik dari seantero Nusantara. Mulai tradisi mengajak mayat jalan-jalan keliling desa di Toraja hingga potong jari di Papua.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Tradisi Unik, Mulai Mayat Diajak Jalan-jalan di Toraja Hingga Ritual Potong Jari di Papua
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Para kerabat dan keluarga melakukan pembersihan dan mengganti pakaian patung leluhurnya pada ritual adat Ma nene Tau-tau di Kuburan Goa Londa, Kesu, Toraja Utara, Sulsel, Jumat (14/8/2015). Ritual Ma nene dan Ma nene Tau-tau merupakan tradisi mengganti pakaian para leluhur masyarakat adat Toraja sebagai rasa cinta keluarga yang masih hidup, tak jarang dilakukan lima tahun sekali. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

TRIBUNNEWS.COM - Indonesia di kenal sebagai Negara yang memiliki beragam budaya.

Budaya-budaya di Indonesia sangat unik, mukai dari upacara pemakanan, pernikahan, bahkan hasil panenpun memiliki tradisi yang unik. berikut beberapa tradisi di Indonesia yang unik :

1.Ma'Nene-Toraja

Ma'Nene yang di kenal dengan dengan menggali kuburan, lalu mengambil mayat orang tersebut dan memakaikan baju kepada mayat tersebut dan diajak jalan mengelilingi desa.

Hal ini di lakukan di Toraja agar menghargai ataupun mengenang orang yang dikasihi yang telah meninggal.

2.Pasola,Sumba-Nusa Tenggara Timur

Pasola merupakan perlawanan antar desa menggunakan lembing kayu. Biasanya Pasola menggunakan kuda dan saling melawan antar desa untuk melempar kuda lawan.

BERITA REKOMENDASI

Masyarakat Sumba percaya bahwa darah dari desa yang paling banyak maka hasil panen desa tersebut akan melimpah atau baik.


Warga membawa karung serta keranjang menunggu dimulainya ritual Sembahyang Rampas. Warga Tionghoa dan warga non-Tionghoa bercampuraduk untuk merampah hasil bumi yang disembahkan saat Sembahyang Rampas di Pemakaman Bhakti Suci, Jl Adisucipto, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (28/8/2015) pukul 15.00 WIB. Ritual memberi sesembahan kepada roh halus yang dipercaya bagi masyarakat Tionghoa turun ke bumi pada bulan ke tujuh dalam penanggalan Imlek. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI

3.Tau-Tau-Toraja

Tau Tau berbentuk seperti orang-orangan yang ditaruh di situs pemakaman orang Toraja.

Tau Tau ini berbentuk seperti boneka yan melambangkan bahwa orang yang telah meninggal melanjutkan hidup di alam lain.

4.Tradisi Potong Jari-Papua

di pulau Papua ada yang namnya suku Dani. Adat suku Dani saat orang meninggal adalah memotong jari mereka sebagai simbol kesedihan yang dirasakan. biasanya jari mereka akan di potong apabila orang yang mereka kasihi meninggal.

Seperti anggota keluarga, suami ataupun istri dan anak. selain melambangkan kesedihan di percaya juga agar tidak terjadi malapetaka lagi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas