Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Objek Wisata Mandeh Sumatera Barat Layak Jadi Wisata Keluarga kata Presiden Joko Widodo

Tampil bersahaja Presiden Joko Widodo hadir di Kawasan Pariwisata Bahari Terpadu Mandeh, Sumatera Barat Sabtu tanggal 10 bulan 10 tahun 2015

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Objek Wisata Mandeh Sumatera Barat Layak Jadi Wisata Keluarga kata Presiden Joko Widodo
http://www.ragamtempatwisata.com
Objek Wisata Mandeh Sumatera Barat 

TRIBUNNEWS.COM, MANDEH – Tampil bersahaja, Presiden Joko Widodo hadir di Kawasan Pariwisata Bahari Terpadu Mandeh, Sumatera Barat, Sabtu, tanggal 10, bulan 10, tahun 2015, jam 10.00 pagi.

Dengan topi merah bertulis +62, setelah baju putih, celana dan sepatu hitam, presiden ke-7 yang 10 hari lagi, 20 Oktober 2015 genap memimpin negeri ini setahun itu berpidato pendek, hanya 10 menit. Tidak tahu, mengapa seolah-olah terdesain dengan angka 10? 

Suasana pidato Presiden Jokowi juga sangat santai, nyaman, banyak memancing gelak tawa, tetapi sangat santun.

“Saya tadi kaget, waktu masuk di kawasan ini. Betapa besar anugerah Allah SWT yang perlu kita syukuri. Indah sekali alam Mandeh ini,” ucap Presiden Jokowi dalam ritme yang sangat pelan. Warna suara bariton dan tegas semakin menyangatkan bahwa ungkapan kekaguman orang nomor 1 di Indonesia itu tulus dari dalam batin. 

Setelah melihat itu, lanjut Jokowi, timbul pertayaan pada dirinya.

“Kawasan sebagus ini mau dijadikan apa? Saya ingin Pak Gubernur, Pak Bupati bertanya dulu kepada masyarakat. Bermusyawarah yang baik,” ungkapnya dengan mimik yang sangat serius.

Dia betul-betul menghormati hak-hak warga, dan tidak ingin salah bertindak, yang diluar keinginan masyarakat. 

BERITA TERKAIT

“Kalau saya. Saya nggak maksa lho ya. Tempat ini dijadikan kawasan wisata keluarga, terkait dengan bahari, bisa menyelam di laut, bisa berwisata di pulau. Seperti yang disampaikan Menteri Pariwisata tadi, dari pengalaman di banyak tempat, income masyarakat bisa naik 5 kali lipat. Saya kira itu baik sekali, dan sangat menguntungkan warga,” ungkap Jokowi. 

Sumatera Barat ini, lanjut Jokowi, memiliki banyak potensi wisata. Ada wisata bahari, pantai, laut, bawah laut dan pulau-pulau indah di Mandeh dan Sungai Nyalo, di Pesisir Selatan ini.

Ada Danau Maninjau dan Danau Singkarak yang berada di atas bukit yang cantik. Ada Kota Pusaka di Sawahlunto.

“Kalau di sini sudah jadi, saya minta dibuatkan paket destinasi wisata yang mencakup tiga objek itu menjadi satu. Dengan begitu Menteri Pariwisata mudah untuk mempromosikan destinasi menarik di Sumatera Barat,” usul mantan Gubernur DKI dan Walikota Solo itu. 

Karena itu, Presiden Jokowi memerintahkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono yang juga hadir di Sungai Nyalo itu untuk mempercepat pembangunan jalan 56 kilometer dari Padang, yang saat ini sudah sampai pada tahap pengerasan.

Presiden sendiri kemarin meninjau infrastruktur jalan menuju ke muara sungai di bibir pantai berpasir cokelat keputihan itu.

“Saya target jangan lebih dari 2 tahun. Saya yakin bisa, karena Pak Menteri PU Pera ini istrinya asli dari Pesisir Selatan,” sebut Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan dan tertawa. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas