Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wisata Religi di Pekanbaru: Masjid Agung Annur, Kubahnya Didesain Menyerupai Masjid Nabawi

Bagi anda yang berada di Pekanbaru, tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata religi ke Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Wisata Religi di Pekanbaru: Masjid Agung Annur, Kubahnya Didesain Menyerupai Masjid Nabawi
Tribun Pekanbaru/Vini Dwinita
Masjid Agung Annur, Pekanbaru, Riau. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Vini Dwinita

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU – Bagi anda yang berada di Pekanbaru, tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata religi ke Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau.




Masjid yang terletak di Jalan Hangtuah ini merupakan salah satu ikon Kota Pekanbaru.

Masjid yang menjadi kebanggaan Kota Pekanbaru ini awalnya dibangun pada tahun 1962 atas gagasan Gubernur Riau Kaharudin Nasution.

masjid agung
Masjid Agung Annur, Pekanbaru, Riau. (Tribun Pekanbaru/Vini Dwinita)

Peresmiannya dilakukan pada tahun 1968 oleh Gubernur Riau Arifin Achmad.

Dikatakan Ketua Umum Badan Pengelola Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau Drs H Zaini Ismail MSi kepada Tribunpekanbaru.com, bangunan yang indah dan asri saat ini merupakan hasil renovasi secara berencana dan bertahap.

BERITA TERKAIT

Mulai dari tahun 2002 oleh Gubernur Riau Saleh Djasit hingga kegiatan renovasi tersebut dapat selesai pada tahun 2006 semasa Gubernur Riau Rusli Zainal.

Pemakaiannya diresmikan oleh Presiden RI tahun 2007 Soesilo Bambang Yudhoyono. Bertepatan dengan ulangtahun emas Provinsi Riau ke-50.

Dilihat dari sisi bangunannya, masjid Agung An-Nur mempunyai satu kubah besar dan empat kubah kecil yang berbentuk kubah khas melayu.

Yaitu menyerupai gasing terbalik dengan warna hijau.

Warna kubah tersebut selain mengingatkan pada kubah Masjid Nabawi di Madinah juga salah satu warna dalam adat Riau yang terdiri dari warna hijua, kuning dan merah.

Sedangkan menara masjid terdiri dari empat menara yang dibangun pada empat penjuru sudut masjid melambangkan empat sahabat Rasulullah yang mengawali perjuangan pengembangan Islam.

Menara masjid mengambil referensi menara masjid Nabawi dikombinasi dengan Masjidil Haram dengan diberi kubah kecil bentuk gasing terbalik.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas