Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Desa Kuhaku Berjuang Lestarikan Keindahan Pulau Bangka di Minahasa Utara

Sebagian di antara mereka bercocok tanam dan tidak lagi menjalani aktivitas pertambangan yang selama ini merusak lingkungan di pulau itu.

Editor: Willem Jonata

Laporan Wartawan Tribun Manado, Andreas Ruauw

TRIBUNNEWS.COM, LIKUPANG - Warga Desa Kuhaku berjuang melestarikan keindahan Pulau Bangka di Minahasa Utara.

Sebagian di antara mereka bercocok tanam dan tidak lagi menjalani aktivitas pertambangan yang selama ini merusak lingkungan di pulau itu. 

"Secara tidak langsung ini memperkenalkan sumber mata pencarian baru selain tambang kepada warga yang masih bergantung pada tambang," kata Jul Takaliwang, penolak keberadaan tambang PT MMP di pulau Bangka.

Selain memperkenalkan mata pencarian alternatif, Jul bersama komunitas Suara Pulau dan beberapa anggota resort setempat bersedia mendukung dengan membuat kegiatan untuk menunjang pendidikan di Pulau Bangka.

"Kami membantu warga sekitar, terlebih untuk pendidikan dengan memberi fasilitas belajar seperti buku tulis, ensiklopedia, alat tulis," kata ibu Angelic, salah seorang pemilik resort di Pulau Bangka.

BERITA TERKAIT

Ada juga, lanjut dia, sumbangan tempat sampah untuk desa.

Sebagai persiapan, maka seluruh perlengkapan untuk sementara dibawa ke Murex Resort sekalian melakukan breafing dan bermalam sambil menikmati keindahan pasir putih Pulau Bangka.

Simak selengkapnya dalam tayangan video di atas! (*)

Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas