Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nostalgia Dengan Transportasi Indonesia Zaman Dahulu, Ada Oplet Hingga Helicak

Perkembangan teknologi di Indonesia ternyata juga menyentuh bidang transportasi, salah satunya adalah adanya transportasi berbasis online. Namun, sebe

Editor: Content Writer
zoom-in Nostalgia Dengan Transportasi Indonesia Zaman Dahulu, Ada Oplet Hingga Helicak
Pinterest
transportasi jadul 

Perkembangan teknologi di Indonesia ternyata juga menyentuh bidang transportasi, salah satunya adalah adanya transportasi berbasis online. Namun, sebelum itu, tahukan kamu bahwa ada beberapa trasnportasi lain yang pernah beroperasi di Indonesia? Angkutan umum ini juga tidak kalah populer pada masanya, seperti halnya transportasi bebasis online sekarang. Yuk nostalgia dan tambah wawasanmu dengan beberapa trasnportasi berikut ini.

1. Oplet

Oplet
Oplet

Bagi kamu yang suka menonton serial Si Doel pasti tahu dengan oplet. Kendaraan yang menjadi kendaraan tersayang Mandra itu adalah salah satu transportasi Indonesia pada zaman dahulu. Pada 1960-an dan 1970-an, oplet menjadi kendaraan umum paling populer di Jakarta.

Oplet sendiri merupakan kendara angkutan umum dari mobil sedan merk Morris buatan Inggris atau merk Austin yang sering disebut ostin oleh masyarakat Betawi.

Uniknya, seluruh badan oplet terbuat dari kayu, bahkan jendelanya terbuat dari kayu dan semacam kulit sehingga tidak transparan.

2. Trem

Trem Jakarta era 1870-an
Trem Jakarta era 1870-an

Trem adalah kereta ringan yang memiliki rel khusus di dalam kota dan banyak ditemukan di negara-negara maju seperti Singapura atau Eropa. Tahukah kamu kalau kendaraan ini juga pernah “meng-aspal” di Indonesia?

BERITA TERKAIT

Di tahun 1870-an, trem beroperasi di Jakarta dengan ditarik oleh 3 atau 4 kuda dan bertarif 10 sen.

Memasuki tahun 1900-an, kendaraan ini ganti menjadi trem uap Batavia yang lebih modern. Lalu di tahun 1934, transportasi ini sudah menggunakan tenaga listrik. Tak hanya di Batavia atau Jakarta, kendaraan umum ini juga dibangun di Surabaya.

Namun, sayangnya di tahun 1960-an, trem secara resmi diberhentikan karena dinilai membuat macet yang kemudian digantikan oleh oplet dan metro mini.

Lucunya, kini di Surabaya trem justru akan dioperasikan kembali dengan rute Joyoboyo-Tunjungan. Rencananya kita sudah bisa melihat trem beroperasi di 2020 nanti lho!

3. Kereta Api Lokomotif

kereta api lokomotifa
kereta api lokomotif

“Tut, tut, tut!” Suara khas kereta api lokomotif uap itu pada zaman dahulu kerap menghiasi keseharian masyarakat Indonesia.

Tahun 1867 adalah pertama kalinya Indonesia membangun kereta api uap. Tepatnya di kota Semarang, kereta api yang dioperasikan adalah kereta api lokomotif uap.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas