Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Kinerja Bidang Ekonomi Pemerintah Jokowi-JK di Tahun 2015 Tidak Memuaskan

Selama tahun 2015 raport ekonomi Jokowi-JK jauh dari harapan masyarakat.

Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Kinerja Bidang Ekonomi Pemerintah Jokowi-JK di Tahun 2015 Tidak Memuaskan
AGUS SUPARTO/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo menikmati alam Raja Ampat, Papua, Jumat (1/1/2016). Jokowi akan mentradisikan untuk memperingati hari-hari besar di seluruh pelosok Nusantara dan tidak hanya melakukan perayaan terpusat di Ibukota saja. AGUS SUPARTO 

Ditulis oleh : Arief Poyuono, Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu

TRIBUNNERS - Selama tahun 2015 kinerja pemerintah Jokowi - JK di bidang ekonomi jauh dari harapan masyarakat.

Hal itu tentulah dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya akibat keadaan ekonomi dunia yang didera krisis, serta menurunnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang menjadi mitra dagang terbesar bagi Indonesia.

Faktor ke dua adalah megalomania program ekonomi Jokowi- JK yang tidak sikron dengan APBN 2015, dimana disusun oleh pasangan Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya, SBY- Budiono.

Apalagi diawal tim ekonomi Jokowi bukan tim yang siap menghadapi transisi kekuasaan. Sekalipun dipertengahan tahun 2015 tim ekonomi dirombak tetapi pengantinya juga afkiran atau orang orang gagal dalam membangun ekonomi Indonesia.

BUMN yang diharapkan memiliki andil dalam memdongkrak keterpurukan, justru melempem akibat tindakan Menteri BUMN yang selalu bikin gaduh.

Mulai dari membangun kereta cepat Jakarta-Bandung yang belum dibutuhkan, malah justru membesarkan fiskal pada nantinya,dan malah akhirnya meyebabkan penilaian negatif dari negara Jepang yang merupakan mitra lama Indonesia.

BERITA TERKAIT

Selain itu terjadi privatisasi JICT dengan melanggar UU dan berpotensi merugikan negara trilunan Rupiah.

Akibatnya PMN BUMN di APBN 2016 ditolak oleh DPR.

Juga disektor perikanan kebijakan menteri Susi banyak meyebabkan nelayan menganggur dan kehilangan pendapatan akibat megalomania ilegal fishing oleh nelayan asing malah nelayan lokal yang disapu bersih.

Begitu juga nasib petani disektor pangan juga dibanjiri produk import sehingga petani merugi. Juga petani sawit terkena pungutan ketahanan energi yaitu pungutan eksport CPO sebesar 50 USD.

Disisi pengolahan ESDM, menterinya justru menyebabkan Jokowi melanggar UU Minerba dengan mengeluarkan izin eksport konsetrat tambang dan menciptakan mafia migas baru di ISC Pertamina dengan pembungkus membubarkan Petral.

Dana Subsidi BBM yang dialihkan kesektor infrastruktur juga belum terlihat semua masih proyek proyek infrastruktur era SBY.

Hal ini terhambat karena adanya ego lintas sektoral serta adanya pengaruh stempel politik yang terkesan terjadinya faksi pejabat eselon dua-nya SBY versus pejabat eselon didepartemen yang berfaksi Jokowi, sehingga merusak irama birokrasi yang merdu disetiap departemen.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas