Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Pilgub DKI Jakarta

Parpol Pendukung Pemerintah Harus Koreksi Diri Pasca-Kekalahan Ahok di Pilkada DKI Jakarta

Perlu dicermati kekalahan Kubu Ahok-Djarot yang diusung oleh partai-partai politik pendukung pemerintah, yakni PDI-P, Golkar, Nasdem, Hanura, dan PPP.

Editor: Malvyandie Haryadi
Parpol Pendukung Pemerintah Harus Koreksi Diri Pasca-Kekalahan Ahok di Pilkada DKI Jakarta
Priyombodo
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Usai sudah kontestasi demokrasi lokal di Jakarta, setelah perjalanan panjang yang menguras energi politik rakyat beserta elit politik di negeri ini.

Bahkan suhu politik di DKI Jakarta sempat sangat memanas menular ke seluruh penjuru daerah di Indonesia, serta menjadi sorotan dunia luar.

Namun, perlu dicermati kekalahan Kubu Ahok-Djarot yang diusung oleh partai-partai politik pendukung pemerintah, yakni PDI-P, Golkar, Nasdem, Hanura, dan PPP.

Berikut ini pandangan kami beberapa faktor kekalahan Ahok-Djarot di Putaran Kedua Pilkada DKI Jakarta:

Pertama, bahwa perjalanan panjang kontestasi demokrasi di DKI Jakarta menunjukkan bahwa warga Jakarta khususnya, dan rakyat Indonesia sudah matang dalam berdemokrasi, karena penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta berakhir damai, aman, dan kondusif.

Kekhawatiran akan kerusuhan dan intimidasi terang-terangan tidak terjadi. Kedua Paslon, baik pasangan Ahok-Djarot dan pasangan Anis Sandi serta pendukungnya menunjukkan kedewasaan politiknya.

Kedua, bahwa strategi pendukung Anis-Sandi yang menggerakan masyarakat untuk membentengi diri di beberapa wilayah rawan sebar sembako dan politik uang cukup efektif, walau memang terlihat intimidatif. \

Namun dapat dipahami, oleh karena krisis kepercayaan mereka terhadap penyelenggara, khususnya pengawas yang kurang memiliki daya jangkau yang luas dan pasukan yang tidak banyak.

Juga kecurigaan warga pendukung Anis-Sandi yang mungkin menduga bahwa dikhawatirkan aparat kurang menjaga netralitasnya.

Ketiga, walau sentimen primodialisme dan isu-isu SARA sempat mendominasi, akan tetapi hal tersebut terpatahkan dengan unggulnya pasangan Ahok-Djarot di putaran pertama.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas