Tribunners

Blog Tribunners

4 Catatan saat Gunakan Antibiotik untuk Anak-anak

Jika anak harus menggunakan antibiotik seperti yang diperintahkan oleh dokter, orang tua jangan sampai mengabaikan beberapa catatan penting.

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in 4 Catatan saat Gunakan Antibiotik untuk Anak-anak
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi. 
Penggunaan antibiotik
TRIBUNNERS - Jika anak harus menggunakan antibiotik seperti yang diperintahkan oleh dokter, orang tua jangan sampai mengabaikan beberapa catatan penting.
Antibiotik dikelompokkan menjadi obat kimia, sehingga semua antibiotik memiliki efek berbahaya jika penggunaannya tidak sesuai aturan. Kerusakan pada hati dan ginjal, antibiotik, dan hati bisa terjadi jika tidak sesuai resep.
Selain itu, menurut laman Vtv.vn , antibiotik bisa menyebabkan alergi bagi tubuh.  Secara khusus, saat memasuki tubuh, antibiotik tidak hanya masuk ke tempat sakit tapi ke seluruh tubuh. Karena itu, bila digunakan untuk penggunaan jangka panjang, antibiotik bisa membahayakan seluruh tubuh.
Merawat anak Anda dengan menggunakan antibiotik dapat menyebabkan komplikasi serius pada anak. Ini juga penyebab beberapa bakteri yang resisten terhadap kebanyakan antibiotik yang ada.
Bahkan hal itu berujung pada risiko kematian bagi anak-anak. Karena itu, orang tua sama sekali tidak boleh memberi antibiotik pada anak.
Namun Penggunaan antibiotik bisa akan tetapi para orang tua sebaiknya tidak mengabaikan 4 hal berikut ini.
- Minum dosis yang tepat waktu.
- Jangan hentikan minum obat antibitik walau sembuh, obat antibiotik harus habis.
- Jangan gunakan obat dengan resep buatan sendiri, harus sesuai resep dokter.
- Orang tua sebaiknya tidak mencampur dengan susu, jus jeruk untuk memastikan keefektifan pengobatan.
Para orang tua wajib tahu bawah penggunaan antibiotik tidaklah mudah sehingga semua orang wajib lebih teliti lagi dengan penggunaan antibiotik.

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas