Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Inilah Tanda-tanda Kerusakan Otak yang Kerap Diremehkan

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kemampuan otak semakin melemah antara lain, yaitu pola tidur tidak teratur, makanan kurang bergizi

Penulis: Arbamedia.com
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Inilah Tanda-tanda Kerusakan Otak yang Kerap Diremehkan
IST
Ilustrasi otak manusia 

TRIBUNNERS - Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kemampuan otak semakin melemah antara lain, yaitu pola tidur tidak teratur, makanan kurang bergizi, kurang mengonsumsi air putih, terlalu banyak merokok dan masih banyak lagi.

Melemahnya daya ingat otak juga dapat disebabkan karena benturan ringan. Semua orang pasti pernah mengalami benturan ringan, baik itu di kepala ataupun punggung. Secara langsung benturan ringan memang tidak terasa berdampak buruk pada otak, beda halnya dengan benturan keras.

Namun demikian merupakan salah satu faktor yang perlu kita hindari, agar tidak menjadi penyebab kerusakan pada otak.

Untuk mewaspadai akan kondisi kesehatan organ otak, simaklah tanda - tanda kerusakan otak di bawah ini : 

1. Sulit Konsentrasi

Sebagian besar tanda dari kerusakan otak yang jarang orang sadari adalah melemahnya daya konsentrasi. Semua orang pasti pernah mengalami situasi seperti ini. Banyak alasan yang membuat diri kita kehilangan konsentrasi, antara lain kadar hormon rendah atau rusak, pengaruh obat - obatan tertentu, rokok dan makanan kurang sehat.

2. Sering Stres

BERITA TERKAIT

Selain merasa sulit untuk berkonsentrasi, kerusakan otak juga dapat melibatkan seseorang menjadi stres. Stres merupakan hal yang wajar terjadi saat seseorang mengalami tekanan pikiran berlebih / tinggi. Bahkan jika perasaan stres ini terjadi pada seseorang dengan kurun waktu yang lama, maka akan berpengaruh besar terhadap kinerja otak.

3. Pola Pikir Tidak Wajar

Mungkin ada sebagian orang yang gemar menyampaikan pendapat. Namun dengan keterbatasan pemikirannya, pendapat tersebut tidak termasuk ke dalam topik pembahasan. Biasanya demikian disebut dengan pemikiran yang tidak nyambung dalam penyampaian pendapat.

4. Melemahnya Daya Ingat

Perasaan stres yang berkepanjangan akan memicu kenaikan hormon Glukokortikoid, bahkan dapat melemahkan daya ingat otak. Masalah ini dapat terjadi karena ujung saraf yang tua tidak bisa berkomunikasi dengan sel otak yang masih baru.

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas