Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Pilpres 2019

Sidang MK: Pandawa Vs Kurawa!

Dari “wow” menjadi “wew”, dari yang dijanjikan akan mencengangkan, ternyata justru menyebalkan.

Sidang MK: Pandawa Vs Kurawa!
Ist for ribunnews.com
Sumaryoto Padmodiningrat. 

Oleh: Sumaryoto Padmodiningrat

TRIBUNNEWS.COM - Dari “wow” menjadi “wew”, dari yang dijanjikan akan mencengangkan, ternyata justru menyebalkan.

Itulah yang terjadi dengan gugatan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku termohon, dan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-KH Maruf Amin selaku pihak terkait.

Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto, sesumbar akan menghadirkan saksi-saksi yang membuat suasana persidangan menjadi “wow” atau mencengangkan.

Namun faktanya, saksi-saksi yang diajukan justru menyebalkan atau membuat “wew”. Sesumbar ini laiknya sikap Kurawa kepada Pandawa dalam wiracarita Mahabharata.

Ya, bila kita cermati lebih dalam, persidangan di MK ini mirip “perang” antara Pandawa versus Kurawa, di mana MK merupakan padang Kurusetra.

Pandawa di pihak yang benar atau protagonis sehinga berhasil keluar sebagai pemenang, sedangkan Kurawa di pihak yang salah atau antagonis sehingga menjadi pecundang.

Betapa tidak?

Saksi-saksi yang dihadirkan kubu Prabowo-Sandi bukannya memperkuat materi gugatan, yakni terjadi kecurangan dalam pilpres yang berlangsung terstruktur, sistematis dan masif (TSM) yang menguntungkan Jokowi-Maruf sehingga pasangan calon ini menang, melainkan justru melemahkan. 

Link berita media, misalnya, dinilai KPU dan para pakar tidak bisa dijadikan barang bukti. Bahkan saksi-saksi yang dihadirkan kubu Prabowo-Sandi banyak yang memantik kontroversi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas