Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Aplikasi Pertama di Indonesia yang Bergerak di Bidang Pertolongan Pertama Diluncurkan

Jika ada orang di samping anda mengalami kejadian darurat medis, misalnya serangan jantung hingga tidak sadarkan diri, tentu perlu pertolongan yang ce

Aplikasi Pertama di Indonesia yang Bergerak di Bidang Pertolongan Pertama Diluncurkan
dok Siaga Wellness
Suasana peluncuran SIAGA Wellness sekaligus memperingati Hari Jantung Internasional 29 september 2019 lalu 

JIKA ADA ORANG di samping anda mengalami kejadian darurat medis, misalnya serangan jantung hingga tidak sadarkan diri, tentu perlu pertolongan yang cepat dan tepat agar bisa menolong orang tersebut.

Namun jika tidak memiliki kemampuan pertolongan pertama, setidaknya harus memiliki acuan tindakan apa yang tepat untuk dilakukan.

Atas dasar inilah Perusahaan Startup Siaga sebagai fasilitator darurat medis yang fokus memberikan edukasi pertolongan pertama bagi masyarakat awam meluncurkan aplikasi bernama “SIAGA Wellness”. peluncuran ini juga sekaligus memperingati Hari Jantung Internasional 29 september 2019 lalu.

Founder SIAGA, Ivan Muliadi, Mario Gandha dan Aditya Wirayudha mengatakan Aplikasi “SIAGA Wellness” adalah aplikasi pertama di Indonesia yang bergerak di bidang pertolongan pertama yang juga terintegrasi ke aparatur pemerintah.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin belajar dan memberikan pertolongan pertama yang tepat pada kecelakaan.

Fitur “SIAGA Wellness” yang pertama adalah panduan pertolongan pertama. Fitur ini berisi semua panduan atau tahapan pertolongan yang harus dilakukan saat terjadi kecelakaan, seperti panduan CPR untuk korban serangan jantung, panduan untuk korban dehidrasi akibat olahraga, terkilir, luka akibat benda tajam atau tumpul, serta panduan pertolongan pada korban tersedak untuk orang dewasa atau anak kecil.

Fitur lain adalah “panic button”. fitur ini sangat membantu pengguna untuk mencari pertolongan karena langsung terhubung dengan emergency call 112 milik Kemenkominfo. Selain itu pengguna juga bisa langsung menghubungi Jasa Marga (14080).

“SIAGA Wellness” juga dilengkapi dengan fitur Info komunitas olahraga yang akan memberikan banyak referensi tempat berbagai jenis olahraga seperti komunitas lari, komunitas workout dan bootcamp. Ada pula fitur info kesehatan dan olahraga yang berisi
artikel dan tips mengenai kesehatan dan olahraga.

Selain peluncuran “SIAGA Wellness”, dalam rangka Hari Jantung Internasional, Siaga juga memberikan seminar pertolongan pertama dengan tema “Healthy Heart Safe Life”.

Seminar yang diberikan adalah pelatihan CPR kepada orang awam untuk korban yang mengalami henti jantung. Para peserta pun mendapatkan sertifikat First Aid dari AGD 118.

Salah satu peserta pelatihan Orry hardiyansah mengatakan, alasan dia mengikuti pelatihan CPR ini karena sangat bermanfaat bagi dirinya yang berprofesi sebagai trainer olahraga karena tahu tindakan yang tepat jika ada kecelakaan saat berolahraga.

Selain itu karena masih banyaknya pemahaman yang salah mengenai kematian karena jantung dan pertolongan pertamanya.

Dengan manfaat yang didapatkan oleh para peserta pelatihan CPR dan adanya aplikasi SIAGA Wellness SIAGA berharap makin banyak perusahaan yang juga mendukung kegiatan SIAGA dalam menciptakan Safe & Smart Community melalui baik kegiatan CSR ataupun marketing.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas