Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Oleh-oleh Hari Pangan Sedunia: Panganan Lokal Lezat dan Kaya Gizi

Ajang nasional seperti HPS ini selalu dimanfaatkan warga Sultra untuk mempromosikan panganan lokal mereka. Salah satunya adalah Kasuami.

Oleh-oleh Hari Pangan Sedunia: Panganan Lokal Lezat dan Kaya Gizi
Istimewa
Kuntoro Boga Andri

Oleh Kuntoro Boga Andri

ANGIN sepoi melambai-lambai dari sudut-sudut desa di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Matahari mulai muncul dari permukaan ufuk barat menerangi Bumi Anoa.

Pagi itu, semua orang sibuk mempersiapkan hasil tani dan dekorasinya.

Mereka berduyun-duyun menuju beberapa lokasi kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS), salah satunya di pelataran Eks MTQ di Kota Kendari.

Di sana, kami menyaksikan bagaiman meriahnya Gelaran HPS ke-39. Tahun ini, Sultra memang dipilih menjadi tuan rumah HPS.

Pemilihan dilakukan atas pertimbangan potensi pangan yang besar seperti pusat komoditas kakao, cengkeh, jambu mete, lada, sagu dan jagung.

Bagi kami, Kota Kendari memang surganya hasil pertanian. Semua aneka pangan olahan berbasis produk pertanian lokal ada dan mudah didapatkan.

Olahan sagu dan jambu mete misalnya. Dua produk lokal ini mudah di jumpai di warung atau toko oleh-oleh sebagai panganan kembanggaan warga Kendari.

Peserta mengikuti lomba susoh ranup (merangkai daun sirih) pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Museum Aceh, Banda Aceh, Kamis (9/8/2018). Daun sirih merupakan makanan tradisional khas Aceh yang biasanya digunakan untuk menyambut tamu kehormatan (peumeulia jamee) dalam acara-acara adat. SERAMBI/M ANSHAR
Peserta mengikuti lomba susoh ranup (merangkai daun sirih) pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di Museum Aceh, Banda Aceh, Kamis (9/8/2018). Daun sirih merupakan makanan tradisional khas Aceh yang biasanya digunakan untuk menyambut tamu kehormatan (peumeulia jamee) dalam acara-acara adat. SERAMBI/M ANSHAR (SERAMBI/M ANSHAR/M ANSHAR)

Terlebih, Masyarakat Sultra memang dikenal masih mengkonsumsi sagu, jagung dan ubi kayu.

Makanya, ajang nasional seperti HPS ini selalu dimanfaatkan warga Sultra untuk mempromosikan panganan lokal mereka. Salah satunya adalah Kasuami.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas