Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Sang Penyanyi

Berbicara tentang alam dan lingkungan seperti menyanyikan sebuah syair lagu. Mutlak mempesona dan bisa diterima semua kalangan.

Sang Penyanyi
Istimewa/Tribunnews.com
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. 

TRIBUNNEWS.COM - Berbicara tentang alam dan lingkungan seperti menyanyikan sebuah syair lagu.

Mutlak mempesona dan bisa diterima semua kalangan.

Sebab urusan menjaga alam adalah persoalan universal, masalah semua orang. Tentu berbeda kalau topiknya misalnya "hobby balap motor", maka yang bisa menikmati hanya mereka berada dalam lingkaran topik tersebut.

Namun syair lagu, lirik dan melodi yang harmoni juga memerlukan penyanyi yang handal, hebat dan mumpuni.

Agar lagu tersebut bisa dinikmati, tidak membosankan dan meresap hingga ke urat syaraf. Hingga ujungnya bermetafor menjadi/mengubah perilaku manusia dari tidak peduli menjadi penjaga alam dan pecinta lingkungan.

Dalam Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Solo Jawa Tengah 15 November 2019, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo tampil mempesona karena kehandalannya mengkomunikasikan persoalan kebencanaan hingga mampu dipahami dengan baik semua pihak.

Laiknya penyanyi, Doni mengusung syair syair "pencegahan kebencanaannya" nya dengan syahdu, merdu dan tidak melahirkan ketakutan, sebagaimana kerap dijumpai saat membahas kebencanaan yang muncul justru kengerian dan rasa seram.

Hadirin terlibat interaktif dengan gaya komunikasi sang jenderal yang pecinta pohon.

Dalam teater tradisi yang kerap kita jumpai sebagai kearifan lokal di berbagai nusantara, pemain di panggung dan penonton tidak disekat, namun membaur menjadi satu kesatuan tontonan.

Serupa dengan itu, Doni melibatkan pendengarnya menjadi bagian dari pidatonya. Kelenturan intonasinya menjadi penyemangat tersendiri bagi yang mendengarkannya. Mungkin dalam menyanyi itu disebut "cengkok".

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas