Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Rumor “Perebutan Kekuasaan” Direksi di Tubuh BNI

Saat uji kepatutan dan kelayakan oleh OJK tersebut, Wakil Dirut BNI Anggoro Eko Cahyo dinyatakan tidak lulus.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Rumor “Perebutan Kekuasaan” Direksi di Tubuh BNI
BNI
ILUSTRASI Layanan di sebuah konter BNI 

OLEH: ABRAHAM RUNGA MALI, Koordinator Forum Indonesia Financial Watch

Abraham Runga
Abraham Runga Mali, Koordinator Forum Indonesia Financial Watch.

SEBAGAI salah satu bank BUMN besar dan sudah cukup lama go public, PT Bank Negara Indonesia  (BNI) selalu layak menjadi  perhatian banyak pihak.

Sekadar menggambarkan kebesaran bank ini, hingga akhir 2019, BNI memiliki aset sebesar Rp 845, 81 triliun dengan total kredit Rp 556, 77 trilun. Laba bersih Rp 15,38 triliun.

Sebagai unit bisnis sebesar itu, tidak mengherankan kalau banyak yang mengincar posisi sebagai dewan direksi dan juga dewan komisaris.

Bayangkan saja, seorang Agus Martowardojo yang notabene mantan Gubernur Bank Indonesia pun,  saat pensiun diberi kehormatan untuk menjabat sebagai presiden komisaris di tempat itu.

Terkait dinamika di internal BNI, penulis tergelitik untuk mencermati “perebutan” kursi dewan direksi di bank tersebut, yang kembali meruyak ke permukaan.

Kronologi singkatnya seperti berikut. Pada 20 Ferbuari 2020, sebagai perusahaan publik, BNI melaksanakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dengan salah satu agenda pentingnya adalah pergantian dewan direksi dan dewan komisaris.

BERITA REKOMENDASI

Kebutuhan perombakan  itu terjadi setelah Presdir BNI yang lama Achmad Baiquni melepaskan jabatannya. Dalam RUPST tersebut  disepakati Herry Sidharta didapuk sebagai pengganti Baiquni.

Selain itu,  RUPST BNI juga menunjuk Anggoro Eko Cahyo sebagai Wakil Direktur Utama, yang sebelumnya ditempati oleh Herry Sidharta. Anggoro sebelumnya menjabat Direktur Konsumer BNI.

Bersamaan dengan itu, RUPST BNI turut mengangkat Agus Dermawan Wintarto Martowardojo sebagai Komisaris Utama perusahaan menggantikan Ari Kuncoro.

Di jajaran dewan komisaris, selain Agus Martowardojo, masih ada nama-nama lain seperti  Ratih Nurdiati, Juni Swastanto, Askolani dan Susyanto.

Sedangkan sebagai komisaris independen ada Pradjoto, Asmawi Syam, Septian Hario Seto dan Iman Sugema.

Pada jajaran dewan direksi, yang mendampingi Herry Sidharta (Dirut) dan  Anggoro Eko Cahyo (Wakil Dirut), adalah Bob Tyasika Ananta,  Putrama Wahju Setyawan, Apik Widyanto,  YB Harianto, Adi Sulistyowati, Benny Yoslim, Tambok P.S. Simanjuntak dan  Osbal Saragi Rumahorbo.

Tarik Menarik

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas