Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Kan Hiung Jelaskan Selain Vaksinasi, Masyarakat Bisa Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Pengamat sosial dan masyarakat, Kan Hiung menjelaskan, selain vaksinasi, masyarakat diminta untuk bisa mencegah penularan dan penyebaran Covid-19

Kan Hiung Jelaskan Selain Vaksinasi, Masyarakat Bisa Cegah Penyebaran Virus Covid-19
Tribunnews/Irwan Rismawan
Sejumlah pekerja media dan warga disuntik vaksin Covid-19 saat vaksinasi Covid-19 untuk 10.000 pekerja media di Sentra Vaksinasi Kompas Gramedia, Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (1/7/2021). Dalam kunjungannya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Kompas Gramedia. Tribunnews/Irwan Rismawan 

PANDEMI COVID-19 yang semakin meningkat angka korbannya membuat resah masyarakat Indonesia.

PPKM Darurat pun sudah diterapkan pemerintah guna menekan laju angka penderita.

Masyarakat pun diminta untuk semakin menaati protokol kesehatan dan tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Pengamat sosial dan masyarakat, Kan Hiung menjelaskan, selain vaksinasi, masyarakat diminta untuk bisa mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19 ini.

"Bagi yang percaya Covid itu nyata, ada 15 cara yang bisa dipraktekan masyarakat guna mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19 ini," ujar Kan Hiung, Sabtu (17/7/2021).

Dipaparkan Kan Hiung, cara pertama adalah dengan memakai masker dua lapis setiap bertemu orang lain yang tidak se-rumah.

"Jangan pernah membuka masker selama bertemu orang lain dengan alasan apa pun. Sampai rumah buang masker lapisan luar kedalam tong sampah di luar rumah," ujar Kan Hiung.

Kedua, jangan makan bersama orang lain yang tidak serumah. Jika membeli makanan dan minuman dari restoran/warung dengan cara pesan membungkus dan makan di rumah, jaga jarak masing-masing dengan jaga jarak minimal tiga meter dengan orang lain.

"Bagi yang biasa makan di restoran, baiknya membawa sendok dan tempat makan serta air minum sendiri dari rumah. Jika beli makan dari luar, pindahkan ke tempat sendiri, lalu buang bungkusnya, cuci tangan baru lanjut makan," jelas Kan Hiung.

Ketiga, cuci tangan yang bersih menggunakan sabun atau semprot alkohol/sanitizer setiap memegang barang apa pun dari luar atau barang di luar yang sekiranya pernah dipegang oleh orang lain;

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas