Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Cegah Maraknya Pinjol Ilegal dengan Menghadirkan LKS di Daerah

Bentuk wadah untuk menjalankan fungsi sosial kemanusiaan dapat berupa baitul maal atau bank wakaf mikro.

Cegah Maraknya Pinjol Ilegal dengan Menghadirkan LKS di Daerah
Tribun Jakarta
Korban teror pinjaman online, PDY (25). Laporan PDY (25), seorang wanita warga Cilincing yang diteror perusahaan pinjaman online (pinjol), sudah diterima aparat Polres Metro Jakarta Utara. 

*oleh Deny Nuryadi

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa waktu lalu seorang ibu rumah tangga terjerat pinjol ilegal  (pinjaman online) dengan bunga ber bunga sehingga berakibat dirinya diberhentikan dari pekerjaannya, akibat sang debt collector pinjol ilegal menagih dan bersikap kasar di kantor sang ibu bekerja.

Kisah pilu di atas merupakan salah satu fenomena yang marak sedang terjadi akibat dampak dari maraknya pinjol ilegal di tengah-tengah masyarkat.

Perlu dipikirkan dan dibangun sebuah konsep yang mengakar di tengah-tengah masyarakat dalam menanggulangi masalah keuangan masyarakat grassroot di atas.

Diperlukan suatu konsep yang berasal dari gerakan masyarakat itu sendiri, kesadaran dalam bergotong royong di bidang ekonomi dan keuangan sebagai nilai kearifan lokal perlu dibangkitkan kembali.

Kembalinya penerapan konsep berbasis kearifan lokal dapat dilakukan dengan berbagai cara pendekatan.

Hal ini bergantung pada potensi yang terbangun di daerahnya masing-masing, misal melalui karang taruna, lembaga swadaya masyarakat dan majelis taklim atau pengajian.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi XI DPR: Perlu UU untuk Berantas Pinjol Ilegal

Langkah persiapan yang harus dilaksanakan setidaknya pertama adalah memberikan literasi dan sosialisasi serta urung rembug terlebih dahulu kepada seluruh masyarakat yang terlibat baik dalam kelompok kecil maupun dalam kelompok yang lebih luas seperti warga desa, sampaikan mengenai maksud dan tujuan program?

Baca juga: Berantas Pinjol Ilegal, OJK Sebut Ada Tambahan Syarat Kelayakan Lewat Google

Akan menggunakan metode apa, bentuk lembaga yang akan didirikan seperti apa? dan lain-lain. Dalam penyampaian literasi ini juga ditanamkan rasa memiliki kepada lembaga yang akan dibangunnya.

Baca juga: Warga Cilincing Diintimidasi Pinjol, Foto Disebar dengan Narasi Open BO, Ini Kata Polisi dan OJK

Literasi juga harus memuat muatan terhadap pembinaan prilaku dan mental serta akhlaq yang baik dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dan berorganisasi serta bertransaksi.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas