Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

KPU Menghadapi Tantangan Komunikasi di Era Disrupsi Teknologi Digital

Jangan sampai muncul lagi tuduhan KPU gagap dalam menangani setiap persoalan.

Editor: Hasanudin Aco
KPU Menghadapi Tantangan Komunikasi di Era Disrupsi Teknologi Digital
Kompas.com/Moh Nadlir
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI digedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol 29, Jakarta Pusat, Jumat (6/10/2017). 

Oleh: Hasanuddin Aco

TRIBUNNEWS.COM - Persoalan yang dihadapi KPU dari Pemilu ke Pemilu tetap sama.

Ada persoalan klasik dan persoalan temporer.

Persoalan klasik yang bisa ditemui setiap pemilu seperti partisipasi masyarakat ikut memberikan hak suara, sorotan publik soal integritas pelaksana pemilu di tingkat bawah, hingga pada persoalan krusial seperti kecurigaan terhadap daftar pemilih tetap.

Adapun persoalan yang sifatnya kontemporer ditemui setiap pemilu seperti isu politik uang, kampanye hitam atau black campaign hingga tuduhan mobilisasi aparatur negara.

Semua sepakat dua persoalan di atas sifatnya urgent dan harus dicarikan solusinya sehingga tidak menjadikannya seolah-olah tradisi buruk yang terus berulang setiap penyelenggaran pemilu serta dianggap lumrah.

Namun demikian ada persoalan lain yang tak kalah penting untuk diantisipasi Komisioner KPU ke depan yakni memetakan kemungkinan persoalan baru yang akan timbul di Pemilu 2024.

Persoalan baru di luar persoalan klasik dan temporer yang telah disebutkan di atas.

Sekadar gambaran, masih segar dalam ingatan kita pada Pemilu 2019 saat muncul persoalan baru yang begitu pelik yakni jatuhnya banyak korban jiwa petugas pemilu yang kelelahan karena pelaksanaan Pemilu serentak.

Patut diduga kasus tersebut di luar perhitungan KPU atau dengan kata lain KPU mungkin tidak menyangka akan jatuh korban jiwa manusia akibat pelaksanaan Pemilu Serentak.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas