Tribunners

Blog Tribunners

Tim JKW-PWI Eksplor Bukit Wairinding 30 Km Dari Kota Waingapu Ke Arah Barat Pulau Sumba

Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan-PWI melanjutkan kembali perjalanan menjelajahi nusantara menuju Lombok, Nusatenggara Barat (NTB)

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Tim JKW-PWI Eksplor Bukit Wairinding 30 Km Dari Kota Waingapu Ke Arah Barat Pulau Sumba
Dok. Tim JKW-PWI
Tim JKW-PWI Eksplor Bukit Wairinding 30 Km Dari Kota Waingapu Ke Arah Barat Pulau Sumba 

MEMASUKI HARI ke 137, Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan PWI yang beranggotakan Sonny Wibisono, Indrawan Ibonk, Aji Tunang Pratama dan Yanni Krisnayanni melanjutkan kembali perjalanan menjelajahi nusantara menuju Lombok, Nusatenggara Barat (NTB) yang merupakan provinsi ke-26.

Waingapu, Sumba-NTT, menjadi kota persinggahan terakhir sebelum melanjutkan penyeberangan menuju pelabuhan Lembar, Lombok-NTB.

Kota Waingapu terletak di Pulau Sumba yang merupakan kota Kecamatan yang memiliki luas sekitar 73,80 Km² dengan tingkat populasi penduduk ditahun 2020 mencapai 39.690 jiwa.

Sumba memiliki banyak potensi wisata dengan menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan.

Terdapat 10 lokasi wisata alam yang sangat populer dengan sajian keindahan alam dimasing-masing lokasi dengan berbagai kekhasan nya.

Kesepuluh lokasi wisata tersebut diantaranya, Bukit Wairinding, Waikuri Lagoon, Air Terjun Wai Marang, Air Terjun Tanggedu, Nihiwatu Beach, Pantai Watuparuru, Pantai Walakiri, Mbawana Beach, Air Terjun Metayangu, dan Mananga Beach.

Salah satu yang mendapat perhatian Tim JKW-PWI untuk dieksplor adalah Bukit Wairinding yang berjarak tempuh sekitar 30 Km dari kota Waingapu ke arah Barat Pulau Sumba.

Setelah usai dengan urusan persiapan penyeberangan esok hari menuju pelabuhan Lembar, Lombok-NTB dikantor Pelni, tak membuang waktu lama Tim JKW-PWI langsung mengarahkan keempat motor Kawasaki nya menuju Bukit Wairinding.

Hamparan bukit savana yang menghijau dimusim penghujan ini langsung tersaji, memanjakan pandangan dan menenangkan alam fikiran siapapun yang berkunjung kesini.

Di Bukit Wairinding, pengunjung tak perlu bersusah payah untuk mencapai bukit tertinggi karena lokasinya yang tak jauh dari tepi jalan utama menuju Lewa.

Untuk mencapai puncak bukit yang berjarak sekitar 50 meter dari badan jalan utama ini terdapat anak tangga yang dilengkapi juga dengan pendopo berukuran sedang sebagai tempat bersantai dan istirahat disisi kiri dan kanannya.

Momen terbaik untuk eksplorasi di Bukit Wairinding adalah saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Puas dengan sajian pemandangan padang savana di Bukit Wairinding, tim JKW-PWI melanjutkan eksplorasinya menuju pantai Walakiri yang berjarak sekitar 24 Km dari kota Waingapu dengan waktu tempuh berkisar 34 menit.

Pantai Walakiri dikenal dengan bentangan pasir putih disepanjang garis pantainya. Hal lain yang menarik adalah hutan mini tanaman bakau atau mangroves yang turut menambah keindahan pantai dan menjadi target obyek foto disaat senja menjelang.

Pengunjung juga dapat berenang ditepian pantai hingga 50 meter menuju laut lepas dengan ketinggian air hanya mencapai 1,5 meter.

Dalam perjalanan Jelajah Kebangsaan Wartawan-PWI ini, tim mendapat dukungan penuh dari PT Kawasaki Motor Indonesia (PT. KMI) untuk keempat motor tunggangannya.

Selain itu, produsen ban lokal Kingland Tire juga turut memberikan dukungan melalui penggunaan ban tipe Jaguar yang digunakan oleh dua motor Kawasaki W175TR yang dikendarai oleh Sonny Wibisono dan Yanni Krishnayanni.

Dukungan lain juga datang dari Kemenpora RI, Djarum Foundation dan Artha Graha Group.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas