Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

BPJS Kesehatan Ubah Stigma 'Orang Miskin Tidak Boleh Sakit'

BPJS diharapkan mengoptimalkan kesehatan masyarakat sebagai hak warga negara yang telah diatur dalam UUD 1945 dan berbagai regulasi turunannya

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in BPJS Kesehatan Ubah Stigma 'Orang Miskin Tidak Boleh Sakit'
Istimewa
Program REHAB atau Rencana Pembayaran Bertahap dari BPJS Kesehatan memberikan angin segar bagi peserta JKN, terutama pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Mandiri yang mempunyai tunggakan iuran JKN lebih dari 3 bulan 

Oleh : Leila Mona Ganiem *)

MESKI telah menjadi peserta JKN sejak ditetapkannya pemerintah, saya jarang menggunakan BPJS Kesehatan karena masih ada alternatif asuransi kesehatan lain.

Sejak 2022, saya mulai memanfaatkan BPJS. Akhir Desember, karena sakit, saya dikirim ke UGD dan dirawat di rumah sakit Bunda Menteng.




Tiga hari pelayanan yang memuaskan, saya pulang dengan tenang karena semua biaya pengobatan ditanggung BPJS Kesehatan.

Rujukan dilakukan dengan cermat, kontrol pada dokter juga dilakukan dengan proses administrasi yang baik, tidak terasa ada pembedaan antara pasien dengan asuransi BPJS Kesehatan dan pasien biasa, kecuali pengaturan waktu pelayanan saja yang dikelola dengan mekanisme agak panjang.

Hak dan etika pelayanan Kesehatan yaitu memberikan hak otonomi pasien, berkeadilan, memberikan yang terbaik (beneficence), meminimalisir hal yang buruk (malnoneficence) tampak diterapkan secara professional.

Baca juga: BPJS Kesehatan Tanggung Biaya Transplantasi Ginjal, Tapi Masih Ada Biaya Lain yang Dibutuhkan 

Terima kasih BPJS Kesehatan, karena telah memberikan pelayanan yang semakin baik, mengubah stigma yang selama ini kerap kita dengar: ‘Orang miskin tidak boleh sakit’, perbedaan perlakuan di Fasilitas Layanan Kesehatan antara pasien umum dan pasien BPJS, pelayanan di bawah standar, dan konsultasi sekedar formalitas, tidak saya temukan. Dari berbagai pengalaman dari orang-orang yang saya kenal pun merasakan hal positif.

BERITA TERKAIT

Selain apresiasi, melalui tulisan ini saya ingin mengungkapkan sejumlah harapan pada BPJS untuk lebih mengoptimalkan kesehatan masyarakat sebagai hak warga negara yang telah diatur dalam UUD 1945 dan berbagai regulasi turunannya.

Pertama, pelayanan yang semakin baik dengan kolaborasi semua pihak.

Pelayanan kesehatan harus bersifat menyehatkan, bukan sekedar mengobati. Penciptaan lingkungan yang menyehatkan didukung oleh fisik dan nonfisik pada lingkungan yang kompleks dengan pendekatan holistik, nyaman, dan bermartabat bagi pasien.

Untuk itu, BPJS Kesehatan perlu senantiasa memastikan agar kualitas pelayanan yang diberikan BPJS di seluruh Indonesia dalam kondisi baik, memudahkan, dan memuaskan.

Kepuasan menimbulkan kepercayaan, kabahagiaan, kooperatif, dan keloyalan dari pasien peserta. Buruknya kualitas pelayanan akan menimbulkan komplain dan ketidaknyamanan peserta BPJS.

Penggunaan KTP untuk mempermudah akses layanan kesehatan bagi peserta yang akan berobat sangatlah positif.

Aplikasi mobile juga memudahkan peserta untuk melakukan pendaftaran secara online.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas