Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Dubes Zuhairi Misrawi Jelaskan Pribumi Islam Gus Dur di PCINU Tunisia

Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, memaparkan pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang Pribumisasi Islam

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dubes Zuhairi Misrawi Jelaskan Pribumi Islam Gus Dur di PCINU Tunisia
Dokumentasi KBRI Tunis
Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, memaparkan pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang Pribumisasi Islam dalam kajian Gus Durian di Sekretariat Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tunisia (13/2/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, memaparkan pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang Pribumisasi Islam dalam kajian Gus Durian di Sekretariat Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tunisia (13/2/2023).

Hal tersebut sebagai bagian dari upaya menghidupkan pemikiran Gus Dur bagi para kader muda Nahdlatul Ulama.

"Pemikiran Gus Dur merupakan salah satu pemikiran yang relevan bagi Indonesia kontemporer dan masa depan. Sebab itu, para kader NU di Tunisia sejatinya dapat memahami pemikiran Gus Dur yang mampu mengitegrasikan antara keislaman, keindonesiaan, dan kemanusiaan. Saya beruntung bisa dekat secara pribadi dan pemikiran dengan Gus Dur, sehingga mampu menyelami gagasannya yang luar biasa. Para kader muda NU yang tampil saat ini mengabdi pada bangsa dan negara, pada hakikatnya adalah anak-anak ideologis Gus Dur," kata Dubes RI yang akrab dikenal sebagai cendekiawan Nahdlatul Ulama.

Dubes Zuhairi Misrawi juga menegaskan pentingnya setiap kader NU untuk menyelami dan memahami gagasan Pribumisasi Islam ala Gus Dur.

"Pribumisasi Islam merupakan cara pandang dan perspektif agar Islam dipahami dalam konteks kebudayaan Nusantara serta mampu mengukuhkan visi kemanusiaan kita. Sebab itu, kita harus mempunyai kearifan dalam memahami teks-teks keagamaan dengan mempertimbangkan tradisi dan kearifan lokal. Pada puncaknya, Pribumisasi Islam bermuara dalam rangka mewujudkan kemaslahatan bersama. Dalam konteks tersebut, Islam harus sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang akan mampu menguatkan persaudaraan dan perdamaian. Dalam konteks tersebut, pemikiran Gus Dur merupakan gagasan penting dalam membangun Indonesia di masa kini dan masa mendatang, bahkan dalam membangun peradaban dunia", pungkasnya.

Baca juga: PCINU Tunisia Gelar Istighosah 1 Abad NU, Dubes Zuhairi: NU Sangat Siap Menyongsong Abad Kedua

Setelah kajian berlangsung, seperti biasanya, Dubes Zuhairi Misrawi menyediakan santap makan malam bersama para mahasiswa Indonesia di Tunisia untuk memupuk kebersamaan dan solidaritas sesama WNI.

BERITA TERKAIT
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas