Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Posisi Strategis Houthi dan Lansekap Konflik Timur Tengah Terkini

Houthi tampil menjadi kekuatan politik bersenjata yang sangat ditakuti di Timur Tengah. Mereka kini menguasai mayoritas wilayah Yaman.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Posisi Strategis Houthi dan Lansekap Konflik Timur Tengah Terkini
MOHAMMED HUWAIS / AFP
Para pengunjuk rasa, salah satunya membawa potret pemimpin Houthi Abdul Malik al-Houthi, meneriakkan slogan-slogan saat unjuk rasa solidaritas dengan rakyat Gaza di ibu kota Sanaa yang dikuasai Houthi pada 5 Januari 2024 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas di Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Pasukan udara koalisi AS dan Inggris telah menggelar operasi militer dan menghantam sejumlah sasaran di Yaman.

Kedua kekuatan itu mengklaim menargetkan titik-titik kelompok Houthi yang menguasai mayoritas wilayah Yaman di utara maupun selatan.

Yaman pernah terbagi Yaman Utara yang beribukota di Sanaa, dan Yaman Selatan yang berpusat di kota pelabuhan Aden.




Kini, setelah runtuhnya rezim Abd Rabouh Mansour Hadi yang pro-Saudi pada 2014, kelompok Ansharullah itu mengontrol Yaman dari Sanaa dan Saada.

Sebelum AS dan Inggris menyerang Yaman beberapa waktu lalu, militer Houthi secara aktif melibatkan diri dalam konflik Palestina-Israel.

Mereka meluncurkan rudal jarak jauh melewati Laut Merah, dan menghantam kota pelabuhan Israel di Eilat.

Baca juga: AS Makin Ketar-ketir, IRGC dan Hizbullah Bantu Houthi di Laut Merah, Bakal Suplai Drone hingga Rudal

Baca juga: Misi Melemahkan Kekuatan Houthi, AS dan Inggris Bombardir Yaman dengan Dukungan 4 Negara

Baca juga: Asalkan Tak Terkait Israel, Houthi Janjikan Jalur Aman bagi Kapal Rusia dan China di Laut Merah

Berikutnya, secara mengejutkan, pasukan komando Houthi Yaman diterjunkan ke kapal kargo Galaxy Leaders yang dimiliki pengusaha Israel dan berbasis di Inggris.

BERITA TERKAIT

Kapal barang super jumbo berikut awak kapal dan isinya itu disita dan disandarkan di lepas pantai Hodeideh dalam kontrol pasukan Houthi.

Terbaru, kelompok Houthi menyerang kapal kargo AS Ocean Jazz dan sebuah kapal barang berbendera Singapura di lintasan Laut merah yang sempit.

Mereka mengancam akan menghantam semua kapal AS dan sekutunya yang melintasi lautan ini, baik kapal perang maupun kapal sipil.

Perkembangan di Laut Merah dan pesisir Yaman ini mengubah lansekap konflik politik bersenjata di Timur Tengah.

Houthi Yaman yang disebut berintikan kelompok beraliran Syiah Zaidiyah yang minoritas, kini tampil menjadi kekuatan yang menakutkan.

Laut Merah selama bertahun-tahun menjadi rute terpendek penghubung segala kebutuhan pokok negara-negara besar, baik di Eropa maupun Amerika dan Asia.

Menyeberangi Terusan Suez, maka perjalanan barang komoditas penting dunia dari benua Asia ke Eropa maupun sebaliknya, menjadi sangat efektif dan efisien.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas