Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Mengenal Lebih Dekat Hamas di Palestina: Sejarah, Ideologi, dan Perkembangan Gerakan Hadapi Israel

GERAKAN Harakat Al Muqawamah Al islamiyah, lebih dikenal dengan sebutan Hamas, adalah sebuah organisasi politik dan militer, beroperasi di Palestina

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Mengenal Lebih Dekat Hamas di Palestina: Sejarah, Ideologi, dan Perkembangan Gerakan Hadapi Israel
Tangkap Layar Al Mayadeen/AP
Seorang petempur gerakan Hamas menggunakan topeng wajah membawa panji gerakan tersebut dalam sebuah parade, 14 Februari 2020. Hamas menyatakan pasukan Arab yang ikut serta dalam agenda Israel untuk hadir di Gaza akan diperangi sebagai bagian dari kekuatan pendudukan. 

MENGENAL LEBIH DEKAT HAMAS DI PALESTINA

Oleh

Hilmi Muhammadiyah

Tribunners, pembaca Tribunnews.com

GERAKAN Harakat Al Muqawamah Al islamiyah, yang lebih dikenal dengan sebutan Hamas, adalah sebuah organisasi politik dan militer yang beroperasi di wilayah Palestina.

Wilayah Palestina merujuk pada daerah barat daya dari wilayah Syam di Asia Barat, berada di tepi timur laut tengah.

Dalam sejarah, daerah ini dikenal sebagai kan’an. Bangsa kan’an yang berasal dari daerah jazirah arab, mejadi salah satu pendududk yang pertama di palestina sekitar 2500 SM.

BERITA REKOMENDASI

Hamas sesuai kata asalnya yang terdiri dari huruf arab Cha, Mim, Alif, dan Sin adalah singkatan dari ( Charokatu I-Muqawamati I-Islamiyyah) yakni gerakan perlawanan islam.

Jika ditilik dari bahasa, Lafal Hamas itu sendiri bermakna semangat. Maka perpaduan dan singkatan dan kepanjangannya mengandung arti pesan ”Semangat Gerakan Perlawanan Islam” untuk membebaskan wilayah palestina dari kungkungan penjajahan imperalis israel.

Hamas lahir tanggal 14 desember 1987 sebagai “titisan” hasil pengembangan kiprah perjuangan Ikhwanul Muslimin Muslim atau Islamic Botherhood ( Selanjutnya disingkat IM ) yang berpusat di Mesir.

Gerakan hamas memiliki tujuan utama yaitu membebaskan palestina dari pendudukan israel dan mendirikan negara palestina berdaulat. Hamas menklaim wilayah palestina milik umat muslim dan berlandaskan pada prinsip-prinsip agama islam, hamas selalu memberikan perlawanan untuk mencegah invasi israel terhadap wilayah palestina.

Selama konflik ini, Masyarakat Palestina selalu memberi dukungan kepada Hamas dalam perjuangannya untuk membebaskan Palestina dari invasi Israel.

Dalam pendudukan Israel, kondisi masyakat Palestina jauh dari kedamaian Setiap waktu, akan ada orang yang terluka atau meninggal dunia.

Setiap waktu, akan ada gedung maupun fasilitas umum yang rusak karena adanya kerusuhan. Sudah puluhan tahun masyarakat Palestina mengalami teror terus menerus.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas