Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Dona Makin Paham Risiko Pakai Aplikasi Bank Digital Berkat Sosialisasi dari KKN PPM Unisri

Mahasiswa KKN PPM Unisri menggelar sosialisasi penggunaan dan manfaat aplikasi bank digital di Desa Tempursari, Wonogiri untuk mengedukasi masyarakat.

Editor: Sri Juliati
zoom-in Dona Makin Paham Risiko Pakai Aplikasi Bank Digital Berkat Sosialisasi dari KKN PPM Unisri
Shutterstock
ILUSTRASI bank digital 

TRIBUNNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta menggelar sosialisasi penggunaan dan manfaat aplikasi bank digital di Desa Tempursari, Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (12/8/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Tempursari dan menyasar anggota PKK yang dinilai masih memerlukan pemahaman tentang teknologi perbankan modern.

Sosialisasi tersebut dilakukan Adityo Wicaksono, mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UNISRI.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari program kerja KKN PPM UNISRI Kelompok 70 yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya literasi digital dan keuangan di era digital.

Adityo menekankan, program ini adalah salah satu bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

Sosialisasi ini bertujuan memberikan pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi bank digital.

"Aplikasi bank digital dapat memberikan manfaat yang signifikan jika digunakan dengan tepat," kata Adityo.

BERITA TERKAIT

Salah satu keunggulannya, lanjut Adityo, adalah pembebasan biaya administrasi sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer dana tanpa dikenakan biaya sebesar Rp2.500 seperti pada bank konvensional.

Proses pembukaan rekening pun relatif mudah, hanya memerlukan pengunduhan aplikasi dan pendaftaran dengan menggunakan KTP.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan literasi digital dan keuangan masyarakat, membangun kepercayaan terhadap keamanan transaksi digital, serta mendorong penggunaan aktif aplikasi bank digital di kalangan masyarakat.

Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan masyarakat Desa Tempursari dapat lebih siap menghadapi perkembangan teknologi di sektor perbankan.

Baca juga: Berkat Sosialisasi dari Mahasiswa KKN Unisri, Sugiyanti Kini Hati-hati Sebar Informasi di Medsos

Meskipun aplikasi bank digital menawarkan berbagai manfaat, Adityo juga tidak mengabaikan adanya risiko yang mungkin dihadapi.

Dalam sosialisasi ini, masyarakat juga diajak memahami potensi risiko seperti penipuan online dan keamanan data.

Adityo memberikan tips cara mengamankan informasi pribadi dan menjaga keamanan transaksi online, serta bagaimana memilih aplikasi bank digital yang terpercaya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas