Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Ini Gaya Politik Bajak Laut Ala Amerika Serikat ke Venezuela

Pesawat itu telah diterbangkan ke Miami, Florida dari Republik Dominika, sebuah negara mini yang berada di bawah kontrol kekuasaan Paman Sam.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Ini Gaya Politik Bajak Laut Ala Amerika Serikat ke Venezuela
Sputnik
Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menyita pesawat Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Republik Dominika. Pihak berwenang AS mengklaim bahwa pesawat itu dibeli dengan melanggar sanksi AS. 

TRIBUNNEWS.COM, CARACAS – Aparat Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyita sebuah pesawat jet milik Venezuela yang biasa dipakai kegiatan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Pesawat itu disita saat berada di Republik Dominika. Menurut penjelasan pihak berwenang Washington, pesawat itu dibeli dengan melanggar sanksi sepihak AS ke Venezuela.

Seorang pejabat AS menyebutkan, tindakan itu sebagai pesan jelas Washington, bahwa tidak seorangpun berada di atas jangkauan sanksi negara itu.




Pesawat itu telah diterbangkan ke Miami, Florida dari Republik Dominika, sebuah negara mini yang berada di bawah kontrol kekuasaan Paman Sam.

Apa yang sebenarnya terjadi di Venezuela, Amerika, dan Dominika? Benarkah Washington ingin mendongkel Nicolas Maduro dari istananya di Caracas lalu menguasai minyak Venezuela?

Departemen Kehakiman AS mengatakan pesawat yang biasa digunakan Maduro itu disita berdasarkan pelanggaran undang-undang pengendalian ekspor dan sanksi.

Amerika sejak lama menuduh Maduro melakukan perdagangan narkoba dan menolak mengakui kemenangannya dalam dua pemilihan presiden Venezuela terakhir.

BERITA TERKAIT

“Menyita pesawat kepala negara asing tidak pernah terdengar dalam kasus pidana. Kami mengirimkan pesan yang jelas di sini tidak seorang pun kebal hukum, tidak seorang pun kebal dari jangkauan sanksi AS,” kata seorang pejabat Washington.

Baca juga: AS Sita Pesawat Jet Pribadi Presiden Venezuela Dassault Falcon 900EX di Republik Dominika

Baca juga: AS Akui Kandidat Oposisi Edmundo González sebagai Pemenang Pilpres Venezuela

Baca juga: Rencana Jahat AS Kuasai Cadangan Raksasa Minyak Venezuela

Jaringan media global CNN pertama kali melaporkan berita tersebut pada Senin (2/9/2024), dan mendapatkan keterangan pertama dari pejabat AS.

Menurut CNN, pesawat tersebut bernilai sekitar $13 juta dan disita bekerja sama dengan otoritas Dominika.

Miami Herald mengidentifikasi pesawat itu sebagai Dassault Falcon 900EX, jet perusahaan buatan Prancis yang sebelumnya telah mengunjungi Kuba, Brasil, dan St Vincent dan Grenadines.

Maduro seringkali menggunakan pesawat yang terdaftar di San Marino. The Herald mengutip catatan dari Badan Penerbangan Federal AS (FAA) yang menunjukkan sebuah perusahaan yang berbasis di Florida menjual pesawat tersebut ke sebuah perusahaan di St Vincent.

Dari sinilah pesawat terjual ke pembeli yang terdaftar di San Marino. Pemerintah AS menuduh penjual adalah perusahaan cangkang dari Venezuela.

Pejabat Amerika menggambarkan jet tersebut sebagai "Air Force One" Venezuela.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas