Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

40 Hari Jelang Pelantikan, Strategi Jitu Prabowo di Tengah Geopolitik Dunia Dinantikan

Pemerintahan baru Prabowo-Gibran dihadapkan pada situasi yang menuntut kebijakan ekonomi yang cermat. Di satu sisi, mereka perlu mengendalikan inflasi

Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in 40 Hari Jelang Pelantikan, Strategi Jitu Prabowo di Tengah Geopolitik Dunia Dinantikan
Istimewa
Prabowo Subianto menerima telepon dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Senin (8/4/2024). 

Pieter C. Zulkifli - Pengamat Hukum dan Politik

Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbuka tak bisa menghindar dari dampak buruk ketidakstabilan global. Bahkan, di tengah optimisme yang dirasakan banyak pihak, dinamika global yang kian mengkhawatirkan menciptakan tantangan berat bagi pemerintahan baru yang segera terbentuk.

Ketegangan geopolitik internasional, terutama di kawasan Timur Tengah tidak menunjukkan tanda-tanda mereda jelang pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.




Hal ini berimbas pada lonjakan harga minyak dunia, yang memperburuk tekanan inflasi global. Bank sentral negara-negara maju pun enggan menurunkan suku bunga, menambah ketidakpastian ekonomi global yang berpengaruh pada negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Saat ini ekonomi dunia diproyeksikan mengalami perlambatan. Tiongkok sebagai salah satu mitra dagang terbesar Indonesia mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi.

Hal ini memengaruhi ekspor Indonesia, menekan sektor perdagangan luar negeri yang selama ini menjadi salah satu motor penggerak ekonomi nasional. Lebih jauh, serangan drone Iran ke Israel baru-baru ini, selain memperkeruh stabilitas di Timur Tengah, juga berdampak pada melonjaknya harga minyak dunia.

Ini menyebabkan biaya energi melonjak, meningkatkan biaya produksi dan transportasi di seluruh dunia. Akibatnya, inflasi menjadi ancaman serius bagi banyak negara, termasuk Indonesia yang masih sangat tergantung pada impor energi, obat-obatan, bahan pupuk, pangan, teknologi, dan sebagainya.

BERITA TERKAIT

Pemerintahan baru Prabowo-Gibran dihadapkan pada situasi yang menuntut kebijakan ekonomi yang cermat. Di satu sisi, mereka perlu mengendalikan inflasi domestik, sementara di sisi lain menjaga daya beli masyarakat agar tetap stabil di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Rskalasi ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukrania dengan berbagai peran Negara Nato, akan menimbulkan risiko tersendiri bagi Indonesia. Dia menilai pengaruh geopolitik dan ekonomi dunia mengharuskan Indonesia membuat kalkulasi ulang yang cermat strategi kebijakan ekonomi dan dunia usaha.

Rusia merupakan pemasok energi terbesar di dunia. Di samping dari itu, Ukrania merupakan pemasok gandum terbesar bagi Indonesia.

Dalam jangka pendek, kenaikan harga energi dan pangan global dapat memicu inflasi. Problem ini akan sangat memengaruhi semua kegiatan dunia usaha di Indonesia

Tantangan lainnya adalah Indonesia harus cermat beradaptasi dengan krisis global. Tren perubahan terjadi sangat signifikan, begitu juga dengan tren digitalisasi pemgaruhnya sangat dahsyat bagi dunia usaha.

Akselerasi dan perubahan aspirasi terhadap isu lingkungan hidup dan perubahan iklim di tingkat global juga menjadi tantangan tersendiri dan telah menghantui semua negara. Kondisi ini memaksa Indonesia untuk ikut beradaptasi. 

Tantangan masa depan Indonesia sangat kompleks. Bahkan, jika mengabaikan penegakkan hukum yang berkeadilan maka mimpi Indonesia dapat menghadapi dampak besar karena situasi geopolitik dan ekonomi dunia dan perubahan iklim yang sangat berdampak bagi stabilitas ekonomi Indonesia

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas