Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Perang Nuklir : Eropa atau Asia Duluan?

Perang nuklir bisa pecah di Eropa jika AS dan NATO terlibat langsung perang Ukraina. Izin penggunaan rudal jarak jauh oleh Ukraina adalah awalnya.

Editor: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Perang Nuklir : Eropa atau Asia Duluan?
Twitter
Rudal Penangkal Nuklir Trident Inggris 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon, memerintahkan sebuah studi simulasi dampak perang nuklir pada pertanian global.

Studi akan difokuskan pada wilayah di Eropa Timur dan Rusia Barat, yang tampaknya akan menjadi episentrum penyebaran senjata nuklir hipotetis dalam simulasi tersebut.

Proyek tersebut akan dipelopori Korps Zeni Angkatan Darat AS dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Reka Teknik (ERDC).




Dalam situs layanan pengadaan program pemerintah, ERDC telah memilih Terra Analytics, sebuah perusahaan yang berbasis di Colorado yang mengkhususkan diri dalam visualisasi dan analisis data tingkat lanjut.

Kontraktor potensial lainnya diundang untuk berbagi proposal jika mereka dapat menyediakan layanan serupa.

Pemberitahuan tersebut mencantumkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh kontraktor, seperti menyediakan personel, peralatan, fasilitas, pengawasan, dan hal-hal lain yang diperlukan.

Kontraktor perlu memasukkan pemetaan udara dalam simulasi dan memodelkan skenario di mana peristiwa nuklir yang tidak merusak terjadi. Biaya kontrak telah ditetapkan sebesar $34 juta.

Baca juga: China: AS Jadi Ancaman Dunia Jika Terjadi Perang Nuklir

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Janji Lindungi Korea Selatan dari Serangan Nuklir Korut

Baca juga: Akui Siap Lawan AS, Kim Jong Un Tingkatkan Senjata Nuklir Korea Utara

BERITA TERKAIT

Apa maksud dan tujuan Pentagon menggunakan studi simulasi tersebut. Mengapa pula studinya diarahkan ke Eropa Timur dan Rusia Barat?

Meski mungkin riset simulasi ini bertujuan positif dan bermanfaat untuk semua pihak, namun meninggalkan tanda tanya besar, mengingat muncul bersamaan meningkatnya potensi perang nuklir.

Perang di Ukraina kemungkinan besar akan naik level ketika Amerika memberi lampu hijau kepada Kiev untuk menggunakan rudal jarak jauh melawan Rusia.

Persetujuan itu otomatis akan meningkatkan respon atau balasan Rusia jika Ukraina benar-benar menggempur target jauh di dalam wilayah Federasi Rusia.

Semisal rudal-rudal kiriman Amerika, Inggris dan Prancis itu menghantam kota-kota besar seperti Sankt Petersburg, Murmanks, atau Moskow.

Perang regional otomatis menjadi terbuka melibatkan kekuatan di luar Ukraina, entah itu Amerika, Inggris, Jerman, atau anggota NATO lain.

Sebab, Ukraina tidak mungkin menembakkan rudal jarak jauh buatan barat itu tanpa bantuan sistem penembakan berbasis telekomunikasi dan satelit pemandu posisi atau GPS.

Militer Rusia pelatihan praktis dalam persiapan dan penggunaan senjata nuklir taktis, Rabu (22/5/2024).
Militer Rusia pelatihan praktis dalam persiapan dan penggunaan senjata nuklir taktis, Rabu (22/5/2024). (HO)
Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas