Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NEWSVIDEO: Kini Hanya Ada 14 Personel TNI AL Jaga Pulau Nipah Batam

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, 14 personel itu sudah ideal, apalagi saat ini Pulau Nipah terbilang aman.

Editor: Sapto Nugroho

Laporan Reporter Tribunnews Video, Hadi Maulana

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Pasukan TNI AL yang berjaga di pulau terluar, Pulau Nipah, Batam, Kepulauan Riau saat ini jumlahnya hanya tinggal 14 personel. Padahal sebelumnya berjumlah satu kompi atau setara 90 personel.

Komandan Lanal (Danlanal) Batam, Letkol Laut (P) Ribut Eko Suyatno mengaku, 14 personel yang ditempatkan di lokasi satgas pengamanan pulau Nipah sebenarnya belum ideal.




"Empat belas personel belum cukup. Idealnya satu kompi, itu yang sudah diusulkan ke pemerintah pusat dan sedang dalam proses," ujar Ribut, Senin (22/6/2015).

Satgas pengamanan Pulau Nipah juga dilengkapi dengan alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan sejumlah kapal patroli TNI AL.

Namun sebaliknya, menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, 14 personel itu sudah ideal, apalagi saat ini Pulau Nipah terbilang aman.

"Kecuali dalam keadaan darurat, baru kami lakukan penambahan sebanyak satu kompi," kata Indroyono saat melakukan kunjungan kerja ke pulau seluas sekitar 62 hektar tersebut.

BERITA TERKAIT

Indroyono mengaku, meski hanya 14 personel, sebagian personel lainnya ada di Batam.

"Jadi tinggal diterjunkan saja bila ada sesuatu," ujarnya.(*)

Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas