News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Newmont Klaim Ekspor Mineral yang Sudah Dimurnikan Dalam Negeri

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kawasan pertambangan PT Newmont Nusa Tenggara.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) menegaskan kembali bahwa perusahaan tidak mengekspor bijih mentah yang tidak diolah dari tambang tembaga dan emas di Kabupaten Sumbawa Barat.
 
“Kami tidak mengekspor bijih mentah tidak diolah,” ujar Presiden Direktur PTNNT Martiono Hasdianto, Selasa (10/12/2013).
 
UU Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan kegiatan usaha pertambangan untuk meningkatkan mutu mineral (Pasal 1[20]). PTNNT Investasi senilai lebih dari 1,5 miliar dollar AS dalam pembangunan fasilitas pengolahan.

"Pembangunan memungkinkan kami untuk meningkatkan mutu bijih tembaga sebesar lebih dari 50 kali,” ujar Martiono.

Sebagai hasil dari peningkatan nilai tambah ini, para pembeli konsentrat tembaga membeli dari PTNNT tembaga yang terkandung dalam konsentrat dengan harga yang sama dengan  harga yang mereka keluarkan untuk  logam tembaga yang telah dimurnikan.

"Dengan kondisi tersebut, PTNNT telah melakukan sekitar 95 persen dari rangkaian kegiatan penambahan nilai secara keseluruhan di Indonesia," ungkapnya.
 
Selain pengolahan dan pemurnian bijih di dalam negeri, PTNNT sangat mendukung kebijakan mengenai UU Pertambangan Minerba 2009 dengan cara memaksimalkan penjualan konsentrat tembaga kepada PT Smelting di Gresik, Jawa Timur, satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian tembaga di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini