News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PGN Bakal Operasikan 16 Unit SPBG Tahun Depan

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Logo PGN

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA. PT Perusahaan Gas Nasional (PGN) akan membangun puluhan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dengan total investasi mencapai Rp 260 miliar. Rencananya, SPBG ini bakal beroperasi mulai tahun 2014.

Kepala Humas PT Perusahaan Gas Negara, Ridha Ababil mengatakan, perusahaan membangun 16 SPBG. Rinciannya, 12 SPBG di Jawa Barat, 3 SPBG di Jawa Timur, dan satu SPBG di Riau. Menurutnya, PGN baru membangun satu SPBG di Pulau Sumatra lantaran potensi pasarnya masih kecil. Begitu pula di Kalimantan dan Indonesia timur yang potensi pasarnya belum sebesar di Pulau Jawa.

Menurut Ridha, jumlah kendaraan di luar Jawa masih relatif lebih sedikit ketimbang di Pulau Jawa. Sehingga kebutuhan SPBG juga masih terbatas. "Membangun SPBG tidak sama dengan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Semua mobil sudah pakai minyak, tapi kendaraan yang menggunakan gas jumlahnya masih sedikit," katanya, Jumat (13/12).

Untuk membangun satu SPBG, Ridha bilang, perusahaan menggelontorkan investasi Rp 5 miliar. Nilai investasi ini belum termasuk biaya pembebasan lahan. Padahal, menurut Ridha, biaya pembebasan lahan membutuhkan dana investasi yang paling besar.

Selain SPBG, PGN juga menyiapkan dua unit Mobile Refueling Unit (MRU) yang berlokasi di Monas dan Lapangan Banteng. "Kalau MRU itu pasarnya masih untuk Trans Jakarta dan Bajaj saja. Sebab, SPBG yang ada sekarang tidak mencukupi, apalagi kalau semakin banyak kendaraan yang sudah pakai BBG," kata Heri Yusup, Sekretaris Perusahaan PT PGN.(KONTAN/Rani Nossar) 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini