News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kopi Bikin Eksportir Ketar-ketir

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Biji Kopi Luwak

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pasokan kopi dunia yang secara perlahan menurun. Kekeringan dan hama menyerang kopi dan membuat produktivitas kopi dunia anjlok.

Kondisi ini terjadi di negara penghasil kopi seperti: Brasil, Vietnam, Indonesia, Italia dan Amerika Serikat. Memasuki tahun 2014 kekeringan melanda hampir merata di seluruh dunia. Hanya saja perbedaannya, di negara Amerika Serikat, Brasil dan Amerika Selatan sebagai tantangan berat yang dihadapi adalah hama kerak daun.

Sementara di dalam negeri dihadapkan pada anamoli cuaca yang terjadi di awal tahun musim hujan dan pertengahan tahun kekeringan.

Alhasil pasokan kopi global mengalami penurunan. Kondisi ini membuat eksportir kopi cemas. Mereka khawatir ekspor kopi tahun ini tidak bisa mengulang kesuksesan tahun 2013.

Wakil Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Pranoto Soenarto mengatakan, sulit untuk petani kopi mengenjot produksinya di tengah kondisi kekeringan saat ini. Alhasil, produksi kopi semester dua bisa jadi stagnan atau paling baik pencapaiannya sama pada semester satu lalu.

"Secara tonase (volume) mungkin akan sama dengan tahun lalu. Namum secara nilai ekspor akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu," ujar Pranoto pada Selasa (7/10).

Ia memprediksi kalaupun ada kenaikan volume produksi tidak mencapai 10% dibandingkan semester satu tahun lalu. Dalam kurung waktu tiga bulan terakhir, Pranoto meyakini produksi bisa terkerek seiring dengan musim hujan telah datang pada awal Oktober ini.

AEKI optimis produksi kopi dapat mencapai 800 kg/ha. Alasannya, saat ini kata Pranoto hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki produk kopi yang berorientasi ekspor. (Mona Tobing)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini