News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelindo III Siapkan Rp 200 Miliar Bangun Marina di Banyuwangi

Editor: Mohamad Yoenus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Marina

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menginvestasikan dana Rp 200 miliar untuk membangun marina di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebelumnya, PT Pelindo berencana membangun objek wisata pantai di Bali, namun dipindahkan ke Banyuwangi karena setelah tiga tahun izin belum keluar.

Nantinya pelabuhan tersebut akan terintegrasi dengan Pelabuhan Benoa di Bali dan Labuhan Bajo di NTT.

"Dermaga yang dibangun juga difasilitasi pendukung untuk yacht. Nanti akan dibangun secara bertahap," ujar Djarwo Surjanto, Direktur Utama Pelindo III kepada KompasTravel, Sabtu (12/9).

Kawasan Boom Marina Banyuwangi akan dibangun di area seluas 44,2 hektare, dengan konsep berbasis kearifan lokal dan ramah lingkungan.

Kompleks marina modern yang dibangun akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti zona marina, zona residensial, dan zona rekreasi.

Untuk tahun 2015, rencananya akan dimulai dengan dengan pendalaman kolam untuk marina, pembuatan dinding penahan tanah serta penataan lahan untuk kawasan wisata.

Untuk tahun selanjutnya, pembangunan akan dikembangkan pada pulau kecil yang ada di kawasan Pantai Boom Banyuwangi.

"Untuk tahun depan resor dan marina di pulau kecil yang berada di tengah Pantai Boom akan dibangun. Ditargetkan beroperasi pada pertengahan tahun 2017," kata Djarwo.

Ia juga merencanakan akan menggelar Fremantle to Banyuwangi Yacht Race & Rally pada 2017 dengan Banyuwangi sebagai tuan rumah.

"Nanti akan ada 200 kapal pesiar dari berbagai negara yang akan datang di Banyuwangi," katanya.

Dalam proses pembangunan marina ini, Pelindo III melakukan komparasi kajian dengan studi banding konsep beberapa marina yang ada di dunia.

Di antaranya Marina Port Vell Yacht Club, Barcelona dan Yacht Club de Monaco, Monaco.

Pembangunan marina juga akan melibatkan arsitek nasional, Ahmad Juhara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini