News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelindo II Bantah Tidak Pakai Rupiah Transaksi di Pelabuhan

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelindo II (persero) membantah hanya memakai dollar AS dalam transaksi di pelabuhan.

Meski tidak setuju dengan kebijakan yang diterapkan Bank Indonesia, namun Pelindo II sudah menggunakan rupiah hampir di semua transaksi.

"Kita tidak pakai rupiah di pelabuhan? Itu tidak benar, kami hanya tidak setuju," ujar Direktur Keuangan Pelindo II Orias Petrus Moedak di Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Orias memaparkan perseroan sudah melakukan banyak konversi transaksi di pelabuhan yang dikelola Pelindo II. Hal itu sampai memakan anggaran Rp 31 miliar untuk mengubah nilai tukar dollar AS ke rupiah.

"Saya melaksanakan saya berjuang sampai Rp 31 miliar, sebelum pelaksanaan, sesudah pelaksanaan, kami laksanakan," kata Orias.

Orias mengaku saat peraturan dari Bank Indonesia dilaksanakan 1 Juli 2015, Pelindo II langsung menjalankannya."1 Juli mulai kita juga mulai jalan aturan," papar Orias.

Orias menambahkan Pelindo II mengajukan pengecualian untuk transaksi bongkar muat saat barang turun dari kapal dan sebaliknya. Namun saat ini Bank Indonesia belum memberikan keputusan akan transaksi menggunakan dollar AS.

"Kita tidak setuju, tapi mengajukan pengecualian ke BI," jelas Orias.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini