News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gitaris Slank Jadi Komisaris Telkom, CORE: Jangan Lihat Abdee Slank Hanya Sebagai Musisi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gitaris Slank Abdee Negara ditemui di markas Slank, Jalan Potlot, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2019).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah menilai Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank memiliki kompetensi untuk menjabat sebagai komisaris PT Telkom Indonesia (Persero).

"Abdee itu bukan hanya seorang musisi. Dia itu penggerak banyak hal dan sudah terlibat dibanyak hal terkait dunia usaha, dia punya perusahaan-perusahaan," ujar Piter saat dihubungi, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, setiap orang memiliki banyak sisi, namun masyarakat saat ini menilai Abdee hanya sebagai personel grub band Slank yang tidak memiliki latar belakang dunia usaha.

"Sering kita terjebak dengan cara pandang hanya melihat satu sisi yang terlihat. Misalnya, saya terlihat sebagai ekonom, padahal saya juga menggarap pendidikan, aktivis seni tapi itu kan tidak terlihat," paparnya.

Oleh sebab itu, Piter pun tak setuju dengan pandangan penempatan Abdee sebagai Komisaris Independen Telkom, sebagai balas jasa Presiden Joko Widodo karena pernah dibantu Abdee saat pemilihan presiden.

Baca juga: Pantaskah Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom? Ahmad Dhani: Tepat, Pengamat: Tidak, Iwan Fals: Mantab

"Bukan balas jasa, Pak Jokowi lebih percaya dan bersangkutan mampu dengan latarbelakang yang dia miliki," ujarnya.

Piter menilai, Abdee hanya sebagai komisaris independen, bukan sebagai komisaris utama dan tugasnya mengawasi jajaran direksi Telkom.

"Peran Abdee di Telkom menurut tidak besar. Dia tidak bisa menentukan arah Telkom kemana, karena tugasnya mengawasi tugas dari direksi," paparnya.

Ekonom Indef Sebut Gitaris Slank Tak Pantas Jadi Komisaris Telkom, Simak Profil Singkat Abdee Slank

Direktur Eksekutif Institute Development on Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank tidak pantas menduduki posisi Komisaris Independen PT Telkom Indonesia (Persero).

Tauhid Ahmad mengatakan, seseorang yang menjabat komisaris perusahaan, seharusnya memiliki latarbelakang pengetahuan yang sama dengan perusahaan itu sendiri.

"Saya melihatnya kurang cocok Abdee Slank di Telkom, komisaris itu harus punya pengetahuan atau latarbelakang, katakanlah sama dengan perusahaan itu," ucap Tauhid saat dihubungi, Sabtu (29/5/2021).

Baca juga: Abdee Slank Jadi Komisaris PT Telkom, Iwan Fals dan Ahmad Dhani sampaikan Pesan dan Harapan

Menurutnya, Abdee terlihat lebih pantas duduk sebagai komisaris di perusahaan BUMN yang bergerak di sektor wisata, seperti PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini