News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gabung di Capital Market Summit & Expo 2022, Stockbit Pacu Literasi Keuangan ke Masyarakat

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menyambut momentum Bulan Inklusi Keuangan di Oktober ini, para pelaku industri pasar modal terus memperkuat literasi finansial ke masyarakat.

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut momentum Bulan Inklusi Keuangan di Oktober ini, para pelaku industri pasar modal terus memperkuat literasi finansial ke masyarakat.

Satu diantaranya melalui penyelenggaraan Capital Market Summit & Expo 2022 sekaligus menjadi rangkaian acara peringatan 45 tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia, pada 13-15 Oktober 2022.

Kegiatan yang berlangsung sepenuhnya online ini diselenggarakan bersama oleh Otoritas Jasa Keuangan, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) , dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan mengangkat tema “Pasar Modal untuk Semua Menuju Ekonomi Kuat Berkelanjutan.”

Baca juga: 10 Emiten Pencetak Cuan Tertinggi bagi Investor Pasar Modal

Perusahaan sekuritas anggota bursa PT Stockbit Sekuritas Digital, salah satu partisipan di kegiatan ini juga terus memperkuat literasi keuangan di masyarakat dengan mengajak mereka memahami, lalu memanfaatkan platform layanan jasa keuangan secara benar dan bertanggung jawab.

Selama tiga hari penyelenggaraan kegiatan ini, Stockbit membuka booth digital dan menyediakan livechat tanya jawab mengupas fitur-fitur yang ada di Stockbit serta membuka rekening dana nasabah serta langsung mulai berinvestasi.

William mengatakan pihaknya optimis atas masa depan pasar modal Indonesia jika melihat pertumbuhan jumlah investor yang signifikan.

Mengutip data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor saham meningkat dari sekitar 1,7 juta di akhir tahun 2020 menjadi 3,45 juta di akhir tahun 2021.

Di akhir bulan September 2022 angkanya bahkan telah menyentuh 4,22 juta investor. “Pertumbuhan jumlah investor ini perlu dibarengi dengan peningkatan literasi keuangan yang memadai,” ujar William.

Di kegiatan Capital Market Summit & Expo 2022, Stockbit bekerja sama dengan BCA dan Bank Jago menyediakan layanan pembukaan rekening dana nasabah (RDN) satu hari kerja tanpa minimum deposit.

Baca juga: Saham yang Diburu Investor Asing Saat IHSG Terpuruk Kamis Kemarin

“PT Stockbit Sekuritas Digital berkomitmen terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Indonesia agar semakin banyak lagi orang yang memiliki akses untuk berinvestasi di pasar modal serta memiliki literasi keuangan yang memadai,” kata William, PR & Corporate Communication Lead Stockbit.

William menambahkan, selain melalui partisipasi di kegiatan Capital Market Summit & Expo 2022, pihaknya terus menggaungkan pesan 3P (Paham, Punya, Pantau) yang dicanangkan oleh Bursa Efek Indonesia.

Selain itu pihaknya juga terus menggencarkan upaya edukasi dan literasi publiknya melalui Stockbit Academy yang mengajak masyarakat belajar saham dari nol secara profesional dari mentor yang telah berpengalaman dan bisa mengakses konten-konten Stockbit Academy secara gratis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini