News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Produk Makanan dan Minuman Indonesia Pikat Pembeli Nigeria, Potensi Transaksi 75 Ribu Dolar AS

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana pameran dagang Food and Beverages West Africa (FABWA) 2023 yang digelar pada 13-15 Juni 2023 di Landmark Centre Lagos, Lagos, Nigeria.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia berhasil memikat pembeli asal Nigeria di pameran dagang Food and Beverages West Africa (FABWA) 2023.

Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos mengungkap, produk mamin Indonesia menarik pembeli dari Nigeria dan kawasan Afrika Barat.

Selama tiga hari pameran, Indonesia mencatatkan potensi transaksi 75 ribu dolar Amerika Serikat (AS) untuk produk minuman kelapa dan minuman serbuk.

Baca juga: Sempat Terpukul Saat Pandemi, Menkeu Sri Mulyani Sebut Sektor Transportasi dan Mamin Mulai Pulih

"Total potensi terdiri atas produk minuman serbuk dari PT Nutri Food (Nutri C) 35 ribu dolar AS dan produk minuman kelapa PT Kalbe Internasional (Hydro Coco) 40 ribu dolar AS,” kata Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan dalam keterangannya, dikutip Rabu (21/6/2023).

Selain PT Nutri Food dan PT Kalbe Internasional, turut berpartisipasi perusahaan Indonesia lainnya.

Ada PT Orang Tua yang menampilkan produk confectioneries dan PT Otsuka Indah Amerta yang menampilkan produk minuman ion.

Hendro mencatat, Kalbe Internasional menerima 40 inkuiri, Nutri Food 60 inkuiri, Orang Tua 40 inkuiri, dan Otsuka Indah Amerta 50 inkuiri yang terdiri atas permintaan menjadi sub-distributor atau retailer.

Adapun Orang Tua dan Otsuka mendapatkan beberapa permintaan dari beberapa sub-distributor dan penjual grosir.

Hendro menerangkan, tidak hanya pameran, ITPC Lagos juga mengadakan seminar eksklusif sehari sebagai upaya mendorong promosi produk mamin Indonesia.

”Nigeria masih menjadi negara tujuan ekspor utama di kawasan Afrika Barat. Hal ini ditunjukkan dari hadirnya paviliun internasional dari Rusia, Pakistan, India, Indonesia, Mesir, Uni Emirat Arab, Malaysia, Vietnam,” ujar Hendro.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini