News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Di Bisnis Penerbitan Buku dan Novel, 75 Persen Penjualan AKAD Dikontribusi dari Platform Online

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim AKAD Group

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Disrupsi di industri cetak ikut membawah perubahan lanskap di industri penerbitan buku dan bacaan fiksi seperti novel. Sejumlah perusahaan yang terjun di bisnis ini, menangguk penjualan ke pembaca dari platform online yang jauh lebih besar ketimbang platform offline.

Hal itu antara lain terjadi pada perusahaan penerbitan buku dan novel AKAD Group. Perusahaan yang membawahi empat bendera usaha ini kini menjadi salah satu pemain kuat di industri ini dengan menyasar segmen milenial dan Gen-Z.

Sejak awal grup perusahaan ini memilih metode penjualan online ketimbang offline.

Baca juga: OJK Perketat Penerbitan Surat Utang BUMN, IPO Pertamina Hulu Energi Masih Ditelaah

"Artinya, kami lebih dulu menjual novel-novel kami melalui platform online," kata Andri Agus Fabianto, CEO AKAD Group dalam keterangan tertulis dikutip Rabu, 12 Juli 2023.

Dia menjelaskan, dari sisi ersentase, selama 2021 saja porsi penjualan AKAD di online mencapai 95 persen dan sisanya di offline 5 persen.

Memasuki 2022, porsinya sedikit bergeser dengan 80 persen dari penjualan online dan 20 persen dari penjualan offline. "Pada semester pertama 2023, porsi antara online dan offline menjadi 75 persen berbanding 25 persen," ungkap Andri Agus.

Baca juga: Perekonomian Domestik Dinilai Solid, Pemerintah Terus Berupaya Pertahankan Daya Saing Industri

"Jika mengacu pada angka penjualan online di para reseller toko online, kami hampir selalu menempati peringkat pertama berdasarkan total penjualan mereka," kata dia.

"Berdasarkan penjualan online relasi yang juga menjual buku dari penerbit lain, mereka mengakui kalau penjualan AKAD Group berkontribusi sekitar 50 persen dari total jumlah pendapatan mereka," lanjutnya.

Sementara itu, untuk kategori gerai offline, Andri menambahkan, sebagian besar judul novel keluaran AKAD Group sudah masuk jajaran best seller.

Andri menjelaskan, generasi milenial dan Gen-Z yang sangat melek digital, kendati keseharian mereka tak bisa lepas dari platform digital, ternyata mereka masih menyukai membaca fiksi atau novel dalam bentuk fisik (buku).

"Berdasarkan insight di akun Instagram, Twitter, dan Tiktok--baik akun penerbit maupun penulis di AKAD--rata-rata pengikut akun di platform tersebut berusia 13—17 tahun sebanyak 35%, 18—24 tahun sebanyak 50 persen," bebernya.

"Artinya, 85 persen pengikut kami adalah anak-anak Gen-Z. Itu sebabnya, sejak awal kami menyasar milenial dan Gen-Z," lanjutnya.

Dia menjelaskan, berbeda dengan Generasi Milenial yang membaca buku benar-benar diperuntukkan untuk membaca, maka Gen-Z, yang mayoritas penggemar buku fiksi atau novel, kebiasaan membaca mereka bergeser ke arah yang lebih unik.

Baca juga: Industri Tembakau Dikhawatirkan Lumpuh Jika Iklan Rokok Dilarang Total

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini