News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Reshuffle Kabinet

Pedagang Gembira Jokowi Tunjuk Arief Jadi Plt Mentan, Ekonom dan DPR Ingatkan Produksi Pertanian

Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menujuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pertanian.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menujuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pertanian.

Diketahui, Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mengundurkan diri untuk fokus penanganan dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri, penunjukan ini akan mempermudah komunikasi dan koordinasi mengenai persoalan pangan yang selama ini dianggapnya buntu.

Baca juga: Sosok Arief Prasetyo Adi, Kepala Bapanas Ditunjuk Jadi Plt Mentan, Miliki Segudang Prestasi

"IKAPPI melihat presiden sudah mengetahui bahwa anak buahnya mengalami ketidaksinkronan komunikasi dan koordinasi yang menyebabkan persoalan pangan tidak kunjung selesai," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Jumat (6/10/2023).

Melalui penunjukan ini, kata Abdullah, peran strategis kelembagaan dalam tubuh kabinet dapat segera terselesaikan jika koordinasi antar lembaga lebih sinkron dan terarah.

Bersiap Hadapi El Nino

Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bustanul Arifin mengungkapkan, sosok Menteri Pertanian yang baru harus mampu memberikan solusi atau strategi terkait mendongkrak produksi komoditas pangan di tengah adanya fenomena El Nino.

Bahkan, sejumlah pihak menilai Indonesia kini terancam krisis pangan akibat adanya kekeringan di beberapa wilayah.

"Karena ini ada beberapa agenda harus dibahas seperti kekeringan, ada orang bilang krisis pangan, nah itu harus dipecahkan perencanaan musim tanam ini yang permasalahan kalau terlambat," ucap Bustanul Arifin saat ditemui di Kawasan Tebet Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Tingkatkan Produksi Pertanian

Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan menilai pengganti Menteri SYL nantinya yang saat ini dijabat Plt harus dapat menyelesaikan masalah peningkatan produksi di sektor pertanian.

Perubahan iklim menjadi tantangan untuk peningkatan produktivitas pertanian, selain itu kenaikan biaya produksi yang disebabkan oleh kenaikan pupuk juga menjadi hambatan produktivitas petani.

Sementara, bantuan pemerintah untuk memberikan pupuk subsidi juga kian terbatas.

"Hal ini menjadi pukulan berat untuk petani sehingga pemerintah harus segera memiliki program darurat dengan memberikan insentif agar pada masa tanam berikutnya petani antusias menanam," kata Daniel dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (6/10).

Peningkatan produktivitas pertanian menjadi penting, sebab, kata dia, hal ini berkaitan dengan pengaman cadangan pangan pemerintah dan mencegah terjadinya fluktuatif harga pangan.

Kaget Ditunjuk Jadi Plt

Arief mengaku terkejut atas penunjukannya sebagai Plt Menteri Pertanian.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini