News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menkop UKM Teten Masduki: Pengembangan Ekosistem Bisnis Perlu dengan Pendekatan Secara Klaster

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menkop UKM Teten Masduki saat acara Cerita Nusantara : Unveiling the Story of Indonesia Artistry yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Jakarta, kemarin.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menekankan pentingnya mengembangkan ekosistem bisnis yang berkelanjutan dengan melakukan pendekatan secara klaster.

"Klaster itu bisa dari produknya maupun klaster wilayah. Contoh di Garut, kami mendirikan pabrik konveksi untuk menghasilkan produk olahan kulit seperti jaket, sepatu, dan tas," kata Teten dikutip Rabu (29/11/2023).

Selain itu, kata Teten, dari sisi pembiayaan sudah terdapat kredit usaha rakyat (KUR) klaster.

Baca juga: Menteri Teten Bakal Perjuangkan Tarif Pajak Penghasilan UMKM Tetap 0,5 Persen

Klasterisasi menurut Menteri Teten membuat pengembangan pelatihan pada UMKM menjadi lebih mudah.

“Mereka tidak lagi harus memikirkan cara mengembangkan produknya, bahan baku dari mana karena bisa langsung dipasok, hingga didukung marketingnya,” ujar Teten.

Dalam mengembangkan pelaku UMKM, Kemenkop UKM dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mendukung Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) yang memberikan peluang besar bagi 31 juta kaum disabilitas di Indonesia.

Ketua Umum Yayasan PTI, Myra Winarko mengatakan, PTI sebagai inkubator bisnis bagi disabilitas, telah menjalankan berbagai program pembinaan di seluruh Indonesia.

Ini termasuk pelatihan untuk membuat telur asin, make-up artis, melukis, dan memasak, yang telah membantu banyak disabilitas menjadi lebih mandiri dan masuk ke pasar kerja.

“PTI telah berkomitmen menjawab tantangan pembangunan ekosistem digital bagi kaum disabilitas, dari hulu hingga hilir. Ke depannya, PTI juga berencana mengembangkan platform sendiri untuk terus mendukung pembinaan dan pemasaran digital bagi disabilitas,” kata Myra.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini