News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penerimaan Negara Bukan Pajak dari Sektor Perikanan Tangkap Rp 533,36 Miliar Per Juli 2024

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Mochamad Idnillah di acara Konferensi Pers Paparan Kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Semester I, Jumat (26/7/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor perikanan tangkap Sumber Daya Alam (SDA) mencapai Rp 533,36 miliar di semester I 2024.

Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Mochamad Idnillah mengatakan jumlah tersebut masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 1,79 triliun.

"PNBP sudah mencapai Rp 533 miliar memang ini masih cukup jauh dari target yaitu Rp 1,79 triliun," kata Idnillah dalam Konferensi Pers Capaian Kinerja KKP Semester I di Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Idnillah menyatakan, meski PNBP perikanan tangkap sektor SDA masih jauh dari target namun mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 sebesar Rp 42,90 miliar

"Terkait dengan PNPB Alhamdulillah PNPB sudah beranjak naik," ujarnya.

Berdasarkan paparannya, untuk PNBP di sektor non SDA baru mencapai Rp 53,84 miliar per hari ini. Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 yaitu sebesar Rp 49,13 miliar.

Baca juga: Ditjen Perikanan Tangkap KKP Kukuhkan 71 Petugas Pemeriksa Kelaikan Kapal Perikanan

Menurutnya, peningkatan PNBP ini terjadi lantaran pengawasan yang berjalan efektif dari Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

"Karena SOP yang kita jalankan dengan teman-teman PSDKP ini sangat efektif untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para pelaku usaha," jelas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini